-->

Iklan

Warga Cibeureum Mengeluh, Selama 5 Tahun Sampah Tak Ditangani DLH

Azis Ramdhani
, August 24, 2020 WIB
Sampah menggunung di bantaran Sungai Cibeureum
Bantaran Sungai Cibeureum dipadati sampah yang sudah menggunung (Foto: dok. Azis R/sukabumiNews)

sukabumiNews.net, SUKARAJA – Puluhan warga melakukan kegiatan peduli lingkungan membersihkan sampah yang terlihat sudah mengguning di Bantaran Sungai Cibeureum yang terletak di wilayah perbatasan antara Kecamatan Cibeureum Kota Sukabumi dengan Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

"Kegiatan ini dilakukan lantaran aliran sungai Cibeureum saat ini dipadatai dengan tumpukan sampah bersatu dengan tanah yang menggunung mencapai setinggi 2 meter dan mengeluarkan aroma busuk yang tidak sedap hingga laju aliran air di sungai ini pun terhambat," kata Ketua RW 001 Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Ade Sadili kepada sukabumiNews di lokasi kegiatan, Senin (24/8/2020).




Ade mengaku bahwa dalam kurun 5 tahun warganya terpaksa harus membuang sampah ke Sungai Cibeureum lantaran warga tidak mempunyai tempat pembuangan sampah di wilayahnya.
Aliran air Sungai Cibeureum tehalang oleh sampah
Air Sungai Cibeureum dicemari tumpukan sampah

Ade mengungkapkan bahwa beberapa tahun yang lalu memang ada wacana akan ada pelebaran jalan dan gang, akan tetapi, kata Ade, sudah berjalan 5 tahun wacana pelebaran tersebut belum juga dikerjakan.

"Beberapa waktu lalu sempat ada petugas yang mengambil sampah warga dengan menggunakan gerobak motor viar, tapi sudah lama tidak ada lagi,” ucapnya.

Ditambahkan Ade, petugas sampah tersebut tidak ada lagi karena ditegur oleh petugas Kabupaten Sukabumi, disebabkan petugas yang biasa ngambil sampah ke tersebut saat itu adalah petugas dari wilayah Kota Sukabumi.



“Padahal kalau warga sih petugas dari mana pun yang terpenting sampahnya bisa ditarik dan akan dibayar, tidak gratis, ada konpensasi dari warga untuk yang narik sampah untuk dibawa ke Tempat Pembuangan Sampah Akhir (TPSA)," ucap Ade.



Ade berharap agar masyarakat disiplin dan tidak membuang sampah ke sungai Cibeureum.

“Kepada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Sukabumi juga supaya menanggapi serius tentang keluhan warga, tidak hanya janji, tapi perlu bukti." tegasnya.




Ikuti twitter @sukabumiNews.net

Pewarta : Raden Subayu
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+