Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Thursday, May 21, 2020

Redaksi sukabumiNews

Donasikan Bilik SWAB Tes Covid-19, Setda Kabupaten Sukabumi Apresiasi Program PT SCG

Penyerahan Bilik SWAB Test Covid-19 dari PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi (SCG) yang diwakili oleh Indra Leksono selaku Government Liaison and Community Relation Manager PT Semen Jawa (kanan) kepada RSUD Sekarwangi Sukabumi yang diwakili oleh dr. Albani Nasution selaku Direktur RSUD Sekarwangi (kiri), Selasa, (19/5/2020). 
sukabumiNews.net, GUNUNGGURUH – PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi (SCG) mendonasikan sebuah screening chamber atau Bilik SWAB Tes Covid-19, sebagai solusi inovatif SCG untuk RSUD Sekarwangi Sukabumi.

Sebelumnya PT SCG juga dikabarkan telah membuat gebrakan yang serupa pada tanggal 06 dan 11 Mei 2020 di RS St. Caroulus dan RSAU dr. Esnawan Antariksa di Jakarta.

“Bilik SWAB pertama di Sukabumi ini diberikan guna meminimalisir kontak langsung antara tenaga medis dan pasien sehingga dapat menghindari penularan Covid-19 dari pasien kepada para tenaga medis,” ujar Presiden Direktur PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi, Somchai Dumrongsil, dalam rilis yang diterima sukabumiNews, Rabu (20/5/2020).

Dikatakan Somchai, SCG melalui PT Semen Jawa dan PT Tambang Semen Sukabumi ingin membantu dan mendukung Pemerintah Kabupaten Sukabumi dalam menghadapi pandemi ini melalui pengembangan produk inovatif Bilik SWAB pertama di Sukabumi.

“Kami percaya bahwa dengan Peduli Bersama, kita dapat bersama-sama menekan laju peningkatan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi,” tuturnya.

Adapun terang Somchai,  pembuatan unit Bilik SWAB SCG ini memiliki beberapa keunggulan, diantaranya;


  • Memiliki desain prefabricated yang membuat Bilik Swab SCG mudah untuk dimobilisasikan, dibersihkan, dan tidak membutuhkan waktu lama dalam proses produksi.
  • Memiliki struktur unit yang kokoh karena  menggunakan struktur yang biasa digunakan untuk membangun rumah yaitu hollow steel structure.
  • Dilengkapi dengan exhaust fan sehingga memiliki sirkulasi udara yang baik.
  • Pembuatan Unit Bilik SWAB SCG ini menggunakan bahan acrylic sehingga dapat memastikan penyerapan yang lebih baik serta terhindar dari tingginya resiko pecah.


Menanggapi hal tersebut, Setda Kabupaten Sukabumi, Drs. H. Iyos Somantri, M.Si sangat mengapresiasi apa yang dilakukan PT SCG di wilayah Kabupaten Sukabumi.
Dijelaskan Iyos, data positif Covid-19 di Kabupaten Sukabumi masih terus bertambah dan saat ini tercatat sudah 20 orang dinyatakan positif, begitupula dengan jumlah ODP dan PDP di Kabupaten Sukabumi yang masih tinggi.

Menurutnya, berdasarkan data dari Pikobar Jabar pada tanggal 18 Mei 2020, sebanyak 4.300 ODP dan 186 PDP merupakan warga Kabupaten Sukabumi.

“Hal ini menjadi salah satu faktor yang mendorong SCG untuk menciptakan solusi inovatif Bilik SWAB demi melindungi tenaga medis yang menjadi garda terdepan dalam penangangan Covid-19 ini,” terangnya.

Sementara tambah dia, di Indonesia sendiri kasus Covid-19 ini terus meningkat. “Hal ini membuat kita harus selalu waspada dalam menghadapi pandemi ini. Seluruh pihak harus saling mendukung satu sama lain sehingga dapat menekan laju penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Atas dasar hal tersebut kata Iyos, pihaknya sangat mengapresiasi apa yang telah dilakukan oleh SCG yang selalu mendukung pemerintah dalam menangani penyebaran Covid-19 ini, terutama kepeduliannya dalam hal melindungi tenaga medis untuk bekerja melalui pengembangan inovasi Bilik SWAB pertama di Sukabumi.

“Semoga apa yang telah dilakukan oleh SCG dapat menginspirasi dan memotivasi untuk selalu Peduli Bersama,“ pungkas Iyos.

BACA : PT SCG Indonesia Termasuk Salah Satu dari 300 Lebih Donatur yang Bantu Penanganan COVID-19 di Jabar


Di tempat yang sama, RSUD Sekarwangi, dr. Albani Nasution mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada PT SCG yang telah memberikan perhatian kepada tenaga medis di Kabupaten Sukabumi, terutama RSUD Sekarwangi dalam menangani Covid-19.

“Kami sangat terbantu dengan adanya inovasi bilik SWAB Test dari SCG ini karena kami akan merasa lebih aman dan nyaman dalam bekerja dan memberikan yang terbaik bagi pasien kami," ucapnya.

Dia juga mengungkapkan, donasi Bilik SWAB Test ini merupakan salah satu upaya SCG dalam mengimplementasikan kampanye Peduli Bersama menangani pandemi Covid-19.

Dikatakannya juga bahwa sebagai salah satu bentuk kepeduliannya PT Semen Jawa dan PT SCG juga sebelumnya telah memberikan donasi total 165 juta rupiah berupa penyediaan APD, disinfektan, masker dan sabun cuci tangan untuk membantu masyarakat dan pemerintah dalam mencegah penyebaran Covid-19 di Kabupaten Sukabumi.

BACA Juga : SCG Kembali Donasikan Bilik Swab Bertekanan Positif kepada Pemkab Kota dan Kabupaten Sukabumi


Pewarta : Azis R
Editor : Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close