News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Jelang HUT RI ke-77, Pemcam Cireunghas Gelar Berbagai Lomba Seni Tradisional

Jelang HUT RI ke-77, Pemcam Cireunghas Gelar Berbagai Lomba Seni Tradisional

Peserta lomba sedang memeragakan seni yang diperlombakan sesuai dengan keahliannya masing-masing. |  

sukabumiNews.net, CIREUNGHAS – Menjelang HUT RI ke-77, Pemerintah Kecamatan (Pemcam) Cireunghas Kabupaten Sukabumi menggelar berbagai lomba seni, mulai dari seni tradisional hingga modern.

Berbagai lomba tersebut diantaranya lomba mewarnai, lomba menggambar tema HUT RI, lomba baca puisi perjuangan dan puisi bahasa Sunda, lomba Fashion show baju Sunda, tari jaipongan,ibing pencak silat, senam sehat, lomba tumpeng dan Lomba karnaval.

Sekmat Cireunghas, Ade Rikman kepada sukabumiNews mengatakan, kegiatan yang berlangsung di halaman depan kantor Kecamatan Cireunghas ini akan berlangsung selama 8 hari, mulai dari Senin (8/8) hingga Rabu (17/8/2022) mendatang.

Adapun kata Ade, peserta yang mengikuti lomba tersebut mulai dari pelajar PAUD hingga pelajar setingkat SMA yang berada di wilayah Kecamatan Cireunghas.

“Hari ini kita menggelar lomba tari jaipon dan ngibing (pencak silat) yang diikuti para pelajar,” ungkap Sekmat.

Seni tari jaipong dan ‘ngibing’ pencak silat ini kata dia, sengaja dilombakan untuk menggali potensi budaya Sunda yang sudah mulai terkikis akibat kemajuan teknologi.

Ditegaskan Ade, karena kita ini orang Sunda, maka kesenian tradisional khas Sunda ini wajib dipelihara dan dilestarikan supaya anak cucu kita mengenal budayanya sendiri.

“Mudah-mudahan seni budaya Sunda ini dapat dijadikan motivasi oleh para pelajar sebagai generasi penerus Bangsa untuk bisa melestarikannya,” harap Ade.

Ade menuturkan bahwa pada hari Jum’at (12/8/2022) kegiatan akan dilanjutkan dengan lomba senam sehat oleh peserta umum, yang dilanjutkan dengan kegiatan donor darah.

“Sedangkan pada puncaknya nanti, rangkaian kegiatan akan ditutup dengan lomba tumpeng dan karnaval, sekaligus pembagian bendera merah putih kepada masyarakat secara serempak,” tuturnya.

Ade menambahkan bahwa untuk kegiatan Donor darah pihaknya mengaku sudah berkoordinasi dengan PMI Kabupaten Sukabumi.

Dia berharap dalam kegiatan donor darah nanti banyak masyarakat yang ingin mendonorkan darahnya.

“Ya, minimal 50 persen masyarakat Cireunghas yang hadir bisa turut mendonorkan darahnya," ucap Ade.

Rangkaian kegiatan HUT RI ke-77 oleh Pemcam Cirenghas ini berjalan dengan baik atas dukungan dari masyarakat setempat, dibantu oleh para Mahasiswa dari 3 perguruan tinggi di Sukabumi yang sedang melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kecamatan Cireunghas.

Ketiga perguruan tinggi tersebut adalah Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIP) Widyapuri Mandiri, Universitas Muhammadiyah Sukabumi UMMI dan Institut Madani Nusantara Sukabumi.

Terakhir Ade menyampaikan bahwa berbagai kegiatan yang diselenggarakannya ini merupakan salah satu wujud Pemcam Cireunghas dalam menghargai para pahlawan kemerdekaan.

"Mudah mudahan ini bisa mewujudkan rasa perjuangan kita dalam mewujudkan pembangunan yang kita raih selama ini sesuai dengan  tagline kita " Cireunghas tanginas" pungkasnya
BACA Juga: Syukuran Tahun Baru Islam dan HUT RI ke-77, Pemdes Caringin Gelar Pentas Seni Religi

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas