News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Mendag Sebut Calon Tersangka Mafia Minyak Goreng Diumumkan Senin

Mendag Sebut Calon Tersangka Mafia Minyak Goreng Diumumkan Senin

Foto: Menteri Perdagangan (Mendag), M. lutfi (Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden). 

sukabumniNews.net, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Lutfi menegaskan pemerintah tidak akan kalah dengan mafia minyak goring. Buktinya, saat ini, kata dia, Kementerian Perdagangan (Kemendag) bersama pihak Kepolisian sudah mengantongi beberapa nama pihak yang melakukan kecurangan dan akan diumumkan Senin (21/3/2022).

Dilansir CNBC Indonesia, Lutfi ditantang oleh Anggota Komisi VI DPR RI Andre Rosiade yang melihat sudah ada dugaan siapa oknum mafia yang bermain dalam industri minyak goreng (migor). Sehingga Andre meminta agar identitas oknum itu dibongkar ke publik.

"Itu sebutkan siapa atau prosesnya seperti apa langkahnya untuk ngejar mafia itu," kata Andre saat rapat kerja (raker) Komisi VI DPR RI bersama Menteri Perdagangan, Kamis (17/3/2022).

Andre mengatakan, penimbun minyak goreng itu ada, karena saat harga diputuskan ke mekanisme pasar stok minyak goreng malah berlimpah di pasar.

Menjawab pertanyaan Andre, Lutfi mengaku sudah mengantongi beberapa nama oknum mafia minyak goreng yang bermain saat ini. Penetapan tersangka akan dilakukan oleh Kepolisan pada Senin pekan depan.

"Saya bersama Kapolri itu (bertemu) sudah kaya minum obat sehari dua kali. Saya kasih data semua pengusaha minyak goreng. Itu sopirnya itu tangannya berminyak harusnya tapi kok bisa mengeluarkan bon yang bersih putih," kata Lutfi

"Jumlahnya itu ribuan ton dan ini sudah kita serahkan datanya ke pihak Polri kepada Kabareskrim. Sudah ditangkap-tangkapin diperiksa," tambahnya, saat menunjukkan kwitansi mencurigakan itu kepada Komisi VI.

Lutfi menjelaskan hal ini sudah diserahkan kepada pihak kepolisian, karena ini ranah hukum. Paling tidak pekan depan sudah ada calon tersangkanya.

"Hari Senin sudah ada calon TSK-nya (tersangka)," kata Lutfi.

"Ada tiga target yang ditetapkan hari Senin, minyak curah subsidi dilarikan ke industri menengah ke atas, minyak goreng curah subsidi jadi minyak goreng premium, dan minyak goreng curah subsidi malah dilarikan ke luar negeri. Jadi tiga tiganya ada calon tersangka. Nanti akan dikarungin oleh polisi," katanya.

Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas