News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wabup Sukabumi Iyos Somantri Panen Perdana Bawang Daun Program GM3 Desa Pasirhalang

Wabup Sukabumi Iyos Somantri Panen Perdana Bawang Daun Program GM3 Desa Pasirhalang

Wabup Sukabumi Iyos Somantri Panen Perdana Bawang Daun Program GM3 Desa Pasirhalang. 

sukabumiNews.net, SUKARAJA – Wakil Bupati (Wabup) Sukabumi Iyos Somantri bersama Forkompicam Sukaraja melakukan panen perdana tanaman Bawang Daun di Taman Herbal Bejo Kampung Tugu RT 001/ RW 005 Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/2/22).

Diketahui bahwa Taman Herbal Bejo ini merupakan pemanfaatan lahan pekarangan Mesjid dan Musholla dalam program GM3 yaitu Gerakan Memakmurkan Menghijaukan Mesjid dan Musholla yang di inisiasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirhalang.

"Ini merupakan program tidak lanjut dari pada pencapaian visi misi Kabupaten Sukabumi di mana kita ingin menciptakan masyarakat Sukabumi yang religius, inovatif sejahtera lahir dan batin, dengan misinya meningkatkan SDM sumber daya manusia yang beriman, berbudaya dan berakhlak serta berdaya saing," ujar Wabup Sukabumi Iyos Somantri kepada sukabumiNews.net usai kegiatan panen perdana.

Untuk itu, Wabup Iyos mengaku sangat apresiasi terhadap Pemdes Pasirhalang yang sudah mengimplementasikan dua misi di kecamatan Sukaraja, khususnya di Desa Pasirhalang.

"Manfaatnya hari ini, yang paling penting setelah panen perdana akan di tularkan dan disebarkan kepada para pengurus DKM yang ada di desa Pasirhalang," lanjut Iyos.

Selain itu kata Iyos program GM3 gerakan memakmurkan Masjid dan Musholla ini, perubahan dan perekonomiannya ditopang dengan menanan sayuran di pekarangan Masjid dan Musholla. Para jemaah yang beribadah ini juga semua ikut berkontribusi sehingga hasil panennya ini bisa dinikmati bersama.

 "Ini adalah program yang sangat baik, di samping meningkatkan keimanan dan ketakwaan, juga bisa meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Iyos.

Di tempat yang sama, Kades Pasirhalang RM. Yusuf Poernama menyampaikan bahwa cikal bakal penyelenggaraan kegiatan ini, hampir 100 persen bermula dari desa Pasirhalang.

“Ini salah satu bagian yang tidak terpisahkan dari situasi dan kondisi hari ini sehingga lahir inovasi terkait dengan pemanfaatan lahan perkarangan mesjid (GM3),” ujar Yusuf Poernama.

"Saya sampaikan kepada bapak Wakil Bupati Sukabumi bahwa Taman Herbal Bejo ini berada di tanah desa dengan luas kurang lebih 16 ribu meter. Kegiatan ini pun sudah dilaksanakan oleh tim penggerak PKK Provinsi Jawa barat terkait pemanfaatan lahan posyandu pada saat itu," bebernya.

Yusuf mengungkapkan bahwa Desa Pasirhalang pada tahun 2020 yang lalu. mewakili Kecamatan Sukaraja mengikuti kegiatan perlombaan di provinsi Jabar. Dan alhamdulilah, kata dia, saat itu Desa Pasirhalang mendapatkan penghargaan ke-2 di Jabar untuk Taman Herbal Posyandu.

"Hari ini perlu kami sampaikan bahwa ini adalah salah satu upaya kami Pemdes Pasirhalang menyangkut kesejahteraan para pengurus DKM. Kami bersama MUI Desa Pasirhalang berinovasi bagaimana bisa para pengurus DKM ini terbantu perekonomiannya. Maka lahirlah pemanfaatan pekarangan Mesjid melalui sistem taman pakai polybag, ini cikal bakal lahirnya GM3,"  terang Yusuf

Dengan kehadiran Wabup Sukabumi pada penyelenggaraannya panen ini, Yusup berharap bahwa kegiatan ini bisa dikembangkan di seluruh desa dan kecamatan yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Ke depan kami memohon bantuannya kepada pemkab, agar cita-cita kami berawal dari mesjid ini bisa diikuti oleh seluruh masyarakat. Kami juga berharap kepada Wakil Bupati ke depan bisa membantu mewujudkan hal-hal yang kami sampaikan di antaranya menginginkan taman herbal ini menjadi tempat wisata agro,” tutupnya.

BACA Juga: Relevan Diberdayakan, BAZNAS Kabupaten Sukabumi Dukung Penuh Program GM3 Desa Pasirhalang

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas