News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Relevan Diberdayakan, BAZNAS Kabupaten Sukabumi Dukung Penuh Program GM3 Desa Pasirhalang

Relevan Diberdayakan, BAZNAS Kabupaten Sukabumi Dukung Penuh Program GM3 Desa Pasirhalang

Kepala Divisi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, Muhammad Kamaludin saat diwawancarai sukabumiNews di lokasi panen perdana tanaman Bawang Daun di Taman Herbal Bejo Kampung Tugu RT 001/ RW 005 Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/2/2022).

sukabumiNews.net, BAZNAS Kabupaten Sukabumi sangat mendukung Program Gerakan Memakmurkan Masjid dan Mushola (GM3) yang digagas Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirhalang Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Pasalnya, program tersebut memilik konsep pemberdayaan kaum mustahik atau kelompok yang berhak menerima zakat, dan relevan untuk dilaksanakan dan diberdayakan.

“Kita, Badan Amil Zakat atau Baznas Kabupaten Sukabumi sangat mendukung program ini mulai dari sisi pengadaan benih, pengadaan pupuk. Dan Baznas telah mengalokasikan dana," ungkap Kepala Divisi Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan pada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Sukabumi, Muhammad Kamaludin kepada sukabumiNews.net di lokasi panen perdana tanaman Bawang Daun di Taman Herbal Bejo Kampung Tugu RT 001/ RW 005 Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi, Kamis (24/2/2022).

Taman Herbal Bejo merupakan pemanfaatan lahan pekarangan Mesjid dan Musholla dalam program GM3 yaitu Gerakan Memakmurkan Menghijaukan Mesjid dan Musholla yang di inisiasi oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pasirhalang.

Turut hadir dalam acara panen tersebut, Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri dan Forkopimcam Sukaraja, para Kepala Desa, dan sejumlah Tokoh Masyarakat Desa Pasir Halang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Dikatakan Kamal bahwa hasil panen bibit tanaman tersebut akan didistribusikan kepada 26 Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

Dalam program pemberdayaan ini, tambah Kamal, bibit tanaman selanjutnya akan ditanam kembali di lahan pekarangan setiap Masjid dan Mushola di wilayah Desa Pasirhalang.

"Mengingat konsep pendistribusian (dana) Baznas itu berbasis asnaf. Salah satu sasaran penerima bantuan kita adalah asnaf fisabililah. Sehingga program GM3 sangat relevan untuk kita laksanakan," jelas Kamal.

Kamal menyebut Baznas Kabupaten Sukabumi akan turut mendorong keberhasilan program GM3 ini.

"Memang bukan hal mudah bagaimana program GM3 ini tersebar di seluruh Masjid di Kabupaten Sukabumi. Maka kami akan fokus bagaimana program ini betul betul berjalan dengan baik di Desa Pasirhalang. Kita akan berkonsentrasi dulu selama satu tahun ini di desa Pasirhalang," ujar Kamal.

Guna mendukung keberhasilan program ini, Kamaludin memastikan bahwa Baznas akan turut membantu dengan membangun jaringan mulai dari hulu hingga hilir.

"Kita ingin GM3 ini terbentuk ekosistemnya, dari hulu hingga hilir terbangun, dimana kita bisa melakukan pengadaan bibit, pupuk, alat, dan kemudian kita juga siapkan pasarnya, sehingga mereka tidak bingung ketika panen," tukasnya.

Kamaludin berharap program ini dapat menjadikan tambahan pemasukan dan pendapatan baik bagi kelembagaan DKM maupun kepada jajaran pengurus secara personal.

"Hari ini kita akan mulai mempersiapkan pasarnya, mudah mudahan pasar ini dapat memudahkan para DKM berikut jamaahnya untuk memasarkan produk holtikultura ini," ungkap Kamal.

Pihak Baznas juga, kata Kamal, akan membantu kerjasamakan dengan penjual sayur, bagaimana penjual sayur bisa langsung membeli kebutuhan sayur dari DKM dan jemaah Masjid yang tergabung dalam program GM3 ini.

“Kita akan perjuangkan bagaimana program ini dari hulu ke hilir, karena memang ini merupakan bagian dari program kami Sukabumi Sejahtera," pungkasnya.

BACA Juaga: Wabup Sukabumi Iyos Somantri Panen Perdana Bawang Daun Program GM3 Desa Pasirhalang

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas