News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Menteri P3A RI Lakukan Kunker ke Kabupaten Sukabumi Dengarkan Curhatan Warga Kebonpedes

Menteri P3A RI Lakukan Kunker ke Kabupaten Sukabumi Dengarkan Curhatan Warga Kebonpedes

Menteri P3A RI, I Gusti Ayu Bintang Darmawati (kemeja putih) melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi di Desa Kebonpedes mendengarkan curhatan warga. (Foto: sukabumiNews/Prim RK) 

sukabumiNews.net, KEBONPEDES – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), I Gusti Ayu Bintang Darmawati melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Jum’at (3/9/2021).

Di wilayah Kabupaten Sukabumi Menteri P3A ini mengunjungi Desa/Kecamatan Kebonpedes untuk mengetahui sejauh mana perihal pencegahan, penanganan, pemberdayaan dan pendampingan Pekerja Migran Indonesia (PMI) serta korban Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO), khususnya di wilayah Kecamatan Kebonpedes.

Menteri P3A, I Gusti Ayu Bintang Darmawati mengatakan, pihaknya sengaja melakukan kunjungan kerja ke wilayah Kabupaten Sukabumi untuk melakukan dialog tingkat daerah terkait Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) di wilayah terbesar di Jawa Barat tersebut.

"Kami ingin mendengarkan secara langsung langkah-langkah yang dilakukan pemerintah Kecamatan Kebonpedes dan pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi terkait dengan pencegahan dan penanganan serta pemberdayaan para pekerja migran," kata I Gusti kepada sukabumiNews di Bale Sawala, Desa/Kecamatan Kebonpedes, Jum’at (3/9). 

I Gusti Ayu mengaku sangat mengapresiasi perihal koordinasi, komitmen dan komunikasi baik yang telah dilakukan mulai dari tingkat pemerintah desa hingga pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi mengenai dengan pencegahan dan penanganan serta pemberdayaan para pekerja migran.

"Saya sudah melihat bagaimana fakta dan kondisi dilapangan. Iya, ini cukup baik. Karena tidak hanya dalam bentuk kerja nyata, tetapi dalam implementasinya juga diwujudkan dalam regulasi. Sehingga pekerja Imigran dapat nyaman karena mereka di sini diberdayakan dan dibina untuk berwirausaha," paparnya.

Terlebih kata dia, program invasi dan gagasan pemerintah di Desa/Kecamatan Kebonpedes hingga pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi, telah berhasil memberdayakan eks buruh migran, sehingga mereka tidak akan berniat kembali untuk pergi menjadi pekerja migran ke luar negeri.

Sebab, lanjut Bu Menteri, mereka sudah berdaya secara ekonomi dengan memanfaatkan lahan yang ada dari sektor pertanian, perikanan dan kerajinan lainnya sesuai dengan potensi yang ada.

"Ini bisa menjadi contoh untuk wilayah lainnya. Iya, ini juga dapat menjadi tim work kerja yang luar biasa. Semoga ini bisa menjadi inspirasi, motivasi untuk di daerah-daerah lainnya dalam hal melindungi para pekerja-pekerja migran Indonesia, untuk melindungi khususnya para pekerja perempuan," pungkasnya.

BACA Juga: Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri Sambut Kedatangan Menteri P3A di Kebonpedes

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas