News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri Sambut Kedatangan Menteri P3A di Kebonpedes

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri Sambut Kedatangan Menteri P3A di Kebonpedes

Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri menyaambut kedatangan Menteri P3A di Bale Sawala, Desa Kebonpedes Kecamatan Kebonpedes, Jawa Barat, Jum’at (3/9/2021). - Foto: sukabumiNews/Prim RK) 

sukabumiNews.net, KEBONPEDES – Wakil Bupati Sukabumi, Iyos Somantri bersama jajaran menerima kunjungan kerja (kunker) Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P3A), I Gusti Ayu Bintang Darmawati di Desa/Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat pada Jum’at (3/9/2021).

Wakil Bupati menjelaskan, pasca kunjungan kerja Menteri P3A RI ke wilayah Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi ini dapat dijadikan motivasi dalam membuat sebuah kebijakan regulasi.

"Sehingga di harapkan Kabupaten Sukabumi yang sudah mendapat apresiasi dari Menteri P3A ini, harus lebih kita tingkatkan termasuk untuk meminimalisasi apa yng sudah di sampaikan tadi," kata Iyos Somantri kepada sukabumiNews, Jum’at.

Menurut Iyos, regulasi tersebut tidak hanya dibuat di tingakat Kabupaten Sukabumi saja. Akan tetapi juga di tingkat desa dengan peraturan desa (perdes) mengenai perlindungan PMI.

“Bahkan, dari ratusan desa yang ada di Kabupaten Sukabumi, kini sudah 14 desa yang sudah memiliki perdes tentang P3A. Kita suport terus wilayah Kecamatan Kebonpedes ini, karena memang daerah ini rawan dan banyak sekali pekerja migran, terutama perempuan yang harus kita jaga," papar Iyos.

Ia menambahkan, di wilayah Kabupaten Sukabumi, khususnya di wilayah Desa Kebonpedes merupakan desa yang warganya dominan, terutama bagi perempuan yang bekerja di luar negeri.

"Ini hal yang harus dilakukan terkait pembinaan terhadap para pekerja migran. Iya, dinas selalu berbuat itu dibantu dengan Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak (P2TP2A),” tambahnya.

Wakil Bupati Sukabumi berharap, ke depan, pemerintah daerah Kabupaten Sukabumi punya program perahu kertas atau perempuan hebat untuk keluarga berkualitas.

Kades Kebonpedes Dadan Apriandani. 

Sementara itu, Kades Kebonpedes Dadan Apriandani yang pada kesempatan tersebut turut hadir mendampingi Camat Kebonpedes dan Wakil Bupati Sukabumi, mengungkapkan bahwa pemerintah desa (pemdes)-nya sengaja melakukan terobosan melalui inovasinya untuk memberdayakan eks PMI di wilayahnya, seperti melakukan ternak ikan, pertanian dan membuat kerajinan lainnya.

Hal ini kata Deden dimaksudkan untuk mendongrak pertumubuhan ekonomi masyarakat di wilayah desanya.

"Selain itu, hal ini juga dilakukan agar mantan PMI ini dapat mengurungkan niatnya untuk kembali bekerja ke luar negeri, karena di sini sudah kami sediakan atau kami fasilitasi untuk dapat berwirausaha," jelas Deden.

Deden mengaku sangat bersyukur dengan adanya kunjungan kerja Menteri P3A ke wilayah pemerintahan desanya. Karena menurutnya, kegiatan ini diyakini dapat motivasi para eks buruh migran.

Pemdes Kebonpedes juga berharap kepada Menteri P3A RI, untuk dapat memfasilitasi berbagai macam kegiatan positif dalam pemberdayaan kepada para mantan buruh migran.

"Ya, contohnya melalui pelatihan ketenagakerjaan dan pemberian modal maupun lembaga keterampilan dan pemberdayaan lainnya," harapnya.


Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas