News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

SMPN 10 Kota Sukabumi Ciptakan Aplikasi Perpustakaan Digital

SMPN 10 Kota Sukabumi Ciptakan Aplikasi Perpustakaan Digital

Foto: (Dari kanan ke kiri) Ita Sartika dan Kepala Sekolah SMPN 10 Supriyadi. S.Pd., M.M., saat mempresentasikan Perpustakaan Digital kepada jajaran guru. 

sukabumiNews.net, WARUDOYONG – Guna mewujudkan siswa yang literat dan berprestasi, SMPN 10 Kota Sukabumi membuat aplikasi Perpustakaan Digital yang bertransformasi mengikuti perkembangan zaman dan teknologi.

“Keberadaan aplikasi ini dapat dapat memfasilitasi para siswa maupun para guru dan juga maayarakat di seluruh nusantara, untuk mengecek ketersediaan buku dan juga memperoleh bahan bacaan digital dengan mudah, dan dapat diakses melaui website digilib.smpn10kotasukabumi.sch.id,” ungkap Kepala Sekolah SMPN 10 Supriyadi, ditemui sukabumiNews di sekolahnya Jalan Benteng Kecamatan Warudoyong Kota Sukabumi, Senin  (14/6/2021).

Supriyadi menambahkan, untuk mempermudah siswa dalam mengakses dan memperoleh bahan bacaan di Library Digital, sekolah juga menyediakan video tutorial yang terdapat di aplikasi akun yuotube yang dibuat sekolahnya.

Sementara, Guru Bahasa Indonesia SMPN 10 yang sekaligus Latsa CPNS Kota Sukabumi Ita Sartika mengatakan bahwa perpustakaan digital ini mencakup dua aspek, yaitu digitaly perpustakaan berupa pembuatan website, dan juga perpustakaan yang dapat di akses oleh siswa kapanpun dan di manapun.

Hal ini terang Ita, agar bisa menjadi sumber bahan bacaan tambahan bagi siswa yang pada saat ini sedang melaksanakan pembelajaran secara jarak jauh.

“Untuk bisa mengunjungi dan mengakses perpustakaan agar tidak terbatas kedua aspek yang bisa mendata, termasuk ke dalam kegiatan otomatisasi perpustakaan, lebih mudah dengan perpustakaan dengan yang dulu, jika dulu perpustakaan itu di catat, kemudian di kelola dengan manual dan di tulis,” terangnya.

Namun demikian, untuk sekarang ini kat Ita, hanya dengan menggunakan barcode siswa akan lebih cepat memperoleh semua sirkulasi invertarisasi buku, karena sudah tercatat di dalam satu aplikasi bernama slim senayan.

"Terkait dengan digitalisasi perpustakaan, insya-Allah buku-buku yang kami upload atau yang kami unggah di perpustakaan digital itu, adalah buku-buku yang yang legal dan memiliki lisensi untuk dapat disebarluaskan secara non komersial,” jelas Ita.

Karena, lanjut Ita, sebelumnya sudah dikonsultasikan terlebih dahulu kepada perpustakaan Mendikbud melalui email, dan telah mendapatkan tanggapan positif dan dukungan tentang pembuatan library digitaly ini.

Jadi, kata Ita, nanti siswa atau guru dan masyarakat bisa memasukkan id paswordnya yang didapatkan dari admin. Setelah itu bisa dilihat riwayat peminjaman buku, riwayat pencarian dan komentarnya.

“Misalnya ada buku yang sudah dia baca, bisa berkomentar di situ. Sementara jangka waktu peminjaman 3 hari dan massa berlaku keanggotaan selama 3 tahun. Sedangkan untuk masyatakat hanya disediakn melalui akses saja,” beber Ita.

Berdasarkan hasil survey disetiap kelas, aktualisasi berhasil mendapatkan respon yang bagus, terjadi peningkatan literasi siswa, dalam 1 bulan jumlah minat membaca meningkat sebesar 50 persen," pungkasnya.

Perlu diketahui bahwa ide adanya perpustakaan digital di SMPN 10 Kota Sukabumi ini datang dari Ita Sartika yang merupakan CPNS angkatan baru. Ita diwajibkan  membuat program aktualisasi seperti Perpustakaan digital ini.

BACA Juga: Ujian Sekolah Saat Pandemi, SMPN 10 Kota Sukabumi Lebih Memilih Secara Virtual

Herher
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas