News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Klaster Covid-19 Mulai Terbentuk dari Unjuk Rasa UU Cipta Kerja?

Klaster Covid-19 Mulai Terbentuk dari Unjuk Rasa UU Cipta Kerja?

Ilustrasi (Istimewa). 

sukabumiNews.net, JAKARTA – Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 meminta para perguruan tinggi untuk melakukan pemeriksaan massal terhadap mahasiswa yang mengikuti demonstrasi menolak Undang Undang Cipta Kerja (UU Ciptaker) dalam seminggu terakhir.

 

"Kami imbau agar pihak universitas yang mahasiswanya mengikuti kegiatan aksi tersebut untuk melakukan identifikasi dan testing," kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19, Wiku Adisasmito dalam konferensi pers yang disiarkan melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (13/10/2020).

 

Wiku melihat, mahasiswa yang terdeteksi reaktif akibat demonstrasi selama ini mulai bermunculan di mana-mana, dan menuju terbentuknya klaster baru Covid-19, yakni Klaster Demonstrasi Mahasiswa.

 

Data yang dihimpun Satgas Covid sampai saat ini, telah ada 123 mahasiswa dari enam provinsi di perguruan tinggi Indonesia reaktif Covid-19, setelah mengikuti aksi demonstrasi.

 

Rinciannya, 21 orang dari total 253 demonstran mahasiswa yang diperiksa di Sumatera Utara, lalu 34 dari 1.192 mahasiswa di DKI Jakarta, dan 24 dari 650 demonstran mahasiswa di Jawa Timur.

 

Kemudian, 30 dari 261 demonstran mahasiswa di Sulawesi Utara, dilanjutkan 13 dari 39 demonstran mahasiswa di Jawa Barat dan seorang dari 95 demonstran mahasiswa dari DI Yogyakarta.

 

Wiku khawatir temuan demonstran terpapar Covid-19 menciptakan klaster demo mahasiswa.

 

Selain itu, Wiku juga menyarankan pemilik usaha atau pengelola pabrik melakukan pemeriksaan massal terhadap buruh yang terlibat demonstrasi.

 

"Bagi kelompok buruh, satgas meminta agar segera dibentuk Satgas Covid-19 di tingkat perusahaan yang berkoordinasi dengan Pemda setempat untuk melakukan screening terhadap buruh yang mengikuti aksi penyampaian aspirasi," kata dia.

 

Kemudian aparat keamanan yang mengawal demonstrasi juga diminta melakukan pemeriksaan.

 

Dan bagi pihak keluarga demonstran yang merasa memiliki gejala Covid-19, diminta segera memeriksakan diri di fasilitas kesehatan terdekat.


BACA Juga: Orator Aksi 1310 ANAK NKRI: Kami akan Membubarkan Ketidakadilan

Pewarta: KBRN/DM

Editor: Red.

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas