Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Thursday, October 1, 2020

Redaksi sukabumiNews

Amida Sumbar Ungkap Tantangan Jelang HUT Museum Indonesia ke-5 Tahun 2020

Amida Sumbar dalam rangkaian acara menyambut HUT Museum Indonesia ke-5 Tahun 2020. (Dok. Istimewa) 

sukabumiNews.net, PADANG – Asosiasi Museum Indonesia Daerah Sumatera Barat (Amida Sumbar) menggelar serangkaian acara dalam menyambut Hari Ulang Tahun Museum Indonesia ke-5 yang akan jatuh pada 12 Oktober 2020 mendatang.

 

Menjelang HUT tersebut, Amida Sumbar melaksanakan beberapa kegiatan yang menjadi rangkaian aktivitas setelah Musda bulan Juni 2020 lalu dengan mengikuti Rakor Asosiasi Museum Indonesia (AMI) dan Amida se-Indonesia untuk persiapan pelaksanaan HUT Museum Indonesia ke-5 dengan mengambil tema ‘Museum dan Solidaritas’ yang digelar secara daring.

 

“Seiring dengan tema ini Amida Sumbar telah melakukan serangkain kegiatan sosial berupa pemberian 10 paket sembako kepada petugas kebersihan Museum Adityawarman dan penyerahan masker,” ucap Ketua Amida Sumbar Noviyanty A., SH., MM., melalui WahtAppnya kepada sukabumiNews, Kamis (1/10/2020).

 

Selain itu, kata Noviyanty, Amida Sumbar juga telah melakukan kegiatan syuting penampilan tari dari Sanggar Tari Permata Hati untuk ditayangkan secara virtual pada hari HUT Museum Indonesia ke-5 ini.

 

Diakui Noviyanty, di masa pandemi covid-19 ini, pegiat museum, pemerhati museum, dan pengelola museum mendapat tantangan yang sangat berat, sehingga butuh kerja keras dan konsistensi semua pihak untuk mau dan siap berjuang melestarikan budaya, seni dan sejarah untuk keberlanjutan peradaban yang lebih baik di masa yang akan datang.

 

“Untuk menjalankan program kerja Amida Sumbar, Kami menghadapi tantangan, karena pandemi Covid-19 masih terus menunjukkan peningkatan. Selain itu juga karena minimnya anggaran dan fasilitas pendukung, SDM Teknis Pengelola Museum sangat sedikit, dan dukungan pemerintah daerah masih kurang,” ungkapnya

 

Museum juga lanjut dia, masih belum menjadi objek wisata yang menarik untuk dikunjungi.

 

Kendati demikian, Noviyanty tetap optimis karena sudah ada dukungan Anggaran Pemerintah Pusat untuk Revitalisasi Museum sejak 2012 dan DAK Nonfisik Museum dari Pemerintah Pusat sejak 2019 sampai sekarang. Juga, masih kata Niviyanty, di masa pandemi ini, AMI Pusat terus memberikan dukungan terhadap Amida se-Indonesia dan membahas permasalahan museum dengan melaksanakan Rapim dan Rakor.


BACA Juga: Tentang Sumbar Jadi Pusat Pemerintahan RI di Masa Revolusi Fisik, Peneliti Sejarah dari BPNB Sumbar Lakukan Penelitian

 

Pewarta: Muhammad Fadhli

Editor: AM

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close