News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Rombongan Jemaah Umrah Indonesia Tertahan di Abu Dhabi dan Dubai

Rombongan Jemaah Umrah Indonesia Tertahan di Abu Dhabi dan Dubai

Jamaah Haji Indonesia
Rombongan umrah asal Indonesia dilaporkan tertahan di Bandara Abu Dhabi dan Dubai, Uni Emirat Arab akibat terdampak larangan baru Arab Saudi. (ANTARA FOTO/Ismar Patrizki) 
sukabumiNews.net, JAKARTA – Rombongan jemaah umrah asal Indonesia dilaporkan tertahan di Bandara Abu Dhabi dan Dubai, Uni Emirat Arab akibat terdampak larangan baru Arab Saudi.

Kedutaan Besar RI untuk Uni Emirat Arab di Abu Dhabi Nur Ibrahim mengatakan ada sekelompok jamaah asal Indonesia yang tidak dapat melanjutkan perjalanan akibat larangan umrah yang diberlakukan Saudi mulai hari ini.

“Diperoleh informasi dari pihak Etihad Airways bahwa ada sekelompok jamaah umrah asal Indonesia yang tertahan di Bandara Abu Dhabi,” Nur Ibrahim melalui pesan singkat seperti dikutip CNN Indonesia, Kamis (27/2/2020).

Kata dia, KBRI Abu Dhabi telah berkoordinasi dengan pihak Bandara Abu Dhabi dan maskapai Etihad Airways.

Ibrahim mengatakan sampai saat ini pihak KBRI di Abu Dhabi belum mengetahui jelas berapa jumlah jamaah tersebut. KBRI masih terus berkoordinasi dengan pihak bandara dan maskapai terkait hal itu.

“Tim KBRI Abu Dhabi akan berada di bandara untuk mendata, memonitor, dan memastikan kelancaran penanganan WNI terdampak oleh pihak maskapai dan terkait lainnya,” kata Ibrahim.

Tak hanya di Abu Dhabi, Konsulat Jenderal RI di Dubai juga menyatakan ada sekitar 30 jemaah Indonesia yang tertahan di Bandara Dubai.

Pejabat Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya KJR Dubai, Yunita Purwaningyas, menuturkan puluhan WNI itu tengah transit di Dubai. Ia masih belum bisa memastikan apakah mereka bisa melanjutkan perjalanan ke Jeddah atau Madinah lantaran penerbangan baru berlangsung pada pukul 15.00 waktu setempat.

“Terkait 30 orang jamaah ini belum bisa dikonfirmasi apakah mereka dibolehkan terbang ke Jeddah/Madinah karena penerbangan mereka selanjutnya adalah pukul 15.00 waktu setempat dan saat ini di Dubai baru pukul 12.00,” kata Yunita saat dikonfirmasi secara terpisah.

Meski begitu, berdasarkan informasi yang didapat dari KJRI di Jeddah, Yunita mengatakan Saudi telah menutup seluruh penerbangan umrah di bandara Jeddah dan Madinah.

Warga Indonesia menjadi salah satu warga negara yang terkena imbas aturan penangguhan visa umrah untuk sementara waktu oleh pemerintah Saudi.

Aturan itu diterapkan Saudi di tengah penyebaran virus corona yang terus melonjak, terutama di kawasan di Timur Tengah.

BACA Juga : Diprotes DPR, Menag Sebut Dia Berwenang Batalkan Ibadah Haji 2020

Sumer: CNN
Editor: Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas