Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Wednesday, June 3, 2020

Redaksi sukabumiNews

Diprotes DPR, Menag Sebut Dia Berwenang Batalkan Ibadah Haji 2020

Menteri Agama Fachrul Razi seusai Rapat Kerja dengan Komisi VIII DPR RI, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta. Kamis 28 November 2019. (FOTO: Tempo/ Fikri Arigi)  
sukabumiNews.net, JAKARTA – Menteri Agama Fachrul Razi menegaskan bahwa membatalkan Ibadah Haji 2020 karena pandemi Covid-19 adalah kewenangannya.

Dia mengatakan dia sudah berkonsultasi dengan Kementerian Hukum dan HAM terkait kewenangan membatalkan ibadah haji 2020 tersebut pada 25 Mei 2020.

Konsultasi dilakukan sebab terdapat modus baru pambatalan, yakni akibat wabah Covid-19.

"Dijawab tertulis (oleh Kemenkumham) pada 27 Mei 20 bahwa itu kewenangan Menag," kata Fachrul melalui pesan singkat hari ini, Rabu (3/6/2020).

Menag Fachrul Razi menyampaikannya untuk menjawab protes Komisi VIII (Bidang Agama) DPR lantaran pembatalan ibadah haji diumumkan sebelum rapat kerja.

Komisi VIII menjadwalkan rapat pada Kamis besok, 4 Juni 2020, namun Fahcrul mengumukannya pada Selasa lalu, 2 Juni 2020.

"Menag dapat memahami ketersinggungan teman-teman Komisi VIII, untuk itu kami mohon maaf," ucap Fachrul.

Sebelumnya, Ketua Komisi VIII DPR Yandri Susanto menyayangkan sikap Menteri Agama Fahrul Razi yang mengumumkan pembatalan Ibadah Haji 2020 sebelum rapar kerja.

"Menteri Agama umumkan hari ini, mungkin Menteri Agama enggak tahu undang-undang," kata politikus PAN tersebut pada Selasa lalu, 2 Juni 2020.

Fachrul menjelaskan Kemenag mengusulkan rapat kerja diadakan pada 1 Juni 2020 sebab pengumuman pembatalan ibadah haji harus cepat diumumkan.

Komisi VIII mengusulkan raker pada 2 Juni lalu merevisinya menjadi 4 Juni 2020.

"Karena sudah telanjur lapor Presiden dan bila ditunda (pengumuman) akan menyulitkan posisi Pemerintah, karena jarak waktunya jauh dari deadline (pengumuman) 1 Juni 2020," tutur Fachrul.

Sumber: TEMPO.CO
Editor : Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close