Peduli pada Pelaku Usaha Mikro, Bumdes Raja Cibatu Cisaat Gelar Pelatihan Sekaligus Pembentukan dan Peresmian UKM/IKM

Redaksi sukabumiNews
, February 14, 2020 WIB
sukabumiNews.net. CISAAT – Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) Rantai Baja (Raja) Cibatu, Desa Cibatu Kecamatan Cisaat Kabupaten Sukabumi mengadakan pelatihan serta membentuk, sekaligus meresmikan forum Usaha Kecil dan Menengah (UKM)  dan Industri Kecil Menengah (IKM).

Kegiatan yang digelar di Aula Kantor Desa Cibatu ini pada Kamis (13/2/2020) ini dibuka dan diresmikan langsung oleh Kades Cibatu, Sendi Agustian Maulana.

Dalam sambutannya Kades Cibatu, Sendi Agustian Maulani mengatakan bahwa kegiatan ini adalah salah satu contoh bahwa suatu niatan menuju persatuan masyarakat di desanya dibuktikan dengan terlaksananya kegiatan tersebut.

“Ini adalah contoh sukses bahwa apa pun aspirasi masyarakat tidak terkendala menunggu anggaran desa, dan kegiatan ini buktinya. Makanya pemerintah desa Cibatu sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini,” ucap Sendi.

Hadir dalam kegiatan acara tersebut Camat Cisaat Yudi Mulyadi, Kabid Diskoperindag Kabupaten Sukabumi yang diwakili oleh Nandang selaku pemateri, perwakilan dari BP Jamsostek Kabupaten Sukabumi, Rizki yang juga selaku pemateri, Ketua Bumdes Raja Cibatu, Dadun Qohar, dan sejumlah pelaku UKM/IKM se-Desa Cibatu.

Sementara itu Camat Cisaat yang baru menggantikan Budianto lebih kurang satu bulan terakhir ini yaitu Yudi Mulyadi sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Bundes Raja. Karena menurut Yudi Mulyadi, acara ini di inisiasi langsung oleh pelaku usaha dan Bumdes sebagai wujud bersama mewujudkan desa Cibatu yang mandiri.

Menurut Panitia Pelaksana yang sekaligus selaku Sekretaris Bumdes Raja, Abdullah Mujub kepada sukabumiNews mengatakan bahwa Pembentukan dan Peresmian UKM/IKM tersebut sebagai wujud peran serta Bundes Raja kepada para pelaku usaha kecil masyarakat di wilayah Desa Cibatu.

“Dari kegiatan ke depan mereka diharapkan bisa menjadi mitra Bundes dalam upaya mewujudkan Bumdes berdaya upaya dalam mewujudkan desa mandiri,” ujar Abdulah Mujib.

Kegiatan ini juga terang Mujib, merupakan kerjasama Bumdes dengan dinas terkait dalam pengembangan usaha para UKM/IKM di Cibatu dan jaminan kesejahteraannya.

“Intinya, dinas IKM siap membantu pelaku usaha industri kecil dalam hal perijinan dan tata kelola usaha agar LBH maju,” terang Mujib.

Dari Diskoperindag juga tambah Mujib, siap membantu pelaku UKM hususnya bidang kuliner atau makanan dalam hal manajemen pemasaran dan rekomondasi permodalan pada perbankan BUMD atau BUMN untuk mendapatkan KUR.

Sedangkan pemateri dari BP Jamsostek Kabupaten Sukabumi terang Mujib, dalam pemaparannya mengingatkan akan pentingnya jaminan masa depan bagi pelaku usaha non formal untuk hal-hal yang tidak di inginkan.

“Ia juga menawarkan program yang meringankan no Jamsostek dan mengajak pelaku UKM/IKM Desa Cibatu untuk bisa bergabung menjadi keanggotaan BPJS Jamsostek,” sambung Mujib.

Dan BP Jamsostek, tambah Mujib, siap bekerjasama dengan Bumdes Cibatu dan forum UKM hususnya, untuk menjadi bagian mewujudkan Desa Cibatu yang mandiri dan sejahtra dengan program program yang ada di kelembagaan BP Jamsostek.

Di tempat yang Sama, Ketua Bumdes Raja Cibatu Dadun Qohar menyatakan bahwa kegiatan ini akan ditindak lanjuti dengan kegiatan-kegiatan yang berkesinambungan dengan para pelaku UKM IKM.

“Melalui kegiatan ini diharapkan Bundes Raja ke depan bisa membantu dalam hal ketersediaan bahan baku serta pemasaran,” tuturnya.

BACA Juga: Meriahkan Hut Koperasi ke-72 Bumdes Cibatu Cisaat Gelar Stand Industri Kreatif dan Makanan

Pewarta: Mjb
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+