Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Wednesday, December 4, 2019

Red1

Hari Terakhir, Bawaslu Kabupaten Sukabumi Jaring Ratusan Pendaftar untuk Panwascam

Bawaslu Kabupaten Sukabumi
Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Nuryamah SE, I
sukabumiNews, CIBADAK - Hari terakhir pendaftaran untuk menjadi Petugas Pengawas Kecamatan (Panwascam) pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 Kabupaten Sukabumi ke Kantor Sekretariat Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) di Jln Karangtengah Km 13, Kecamatan Cibadak Kabubaten Sukabumi, Jawa Barat, cukup membludak.

Terbukti sampai pukul 16.30 WIB, Senin (3/12/2019) kemarin lebih dari 620 orang telah mendaftar.

"Kemungkinan pendaftar akan terus bertambah lantaran dihari terakhir ini Bawaslu akan menutup pendaftaran pada Pukul 24.59 wib dini hari" jelas Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Nuryamah SE, I kepada sukabumiNews. Senin (3/12).

Kendati begitu, terang Nury kalau dibandingkan dengan Pemilu Pilpres, Pileg dan Pilgub. Pada saat Pilgub 2017 yang lalu saja sebanyak 217 orang  pendaftar, jauh antusiasme Warga dalam Pilkada Sukabumi ini pendaftarnya sangat membludak.

"Kita juga belum bisa mengkategorikan penyebab dari membludaknya Ratusan pendaftar, apakah Bawaslu berhasil dalam melakukan sosialisasi, ataukah kekurangan lapangan pekerjaan, kita juga belum bisa memastikannya," kata Nury.
Pendaftar untuk Panwascam di Bawaslu Kabupaten Sukabumi
Staf Bawaslu Kabupaten Sukabumi Saat Memeriksa Berkas Lamaran Pendaftar  
Baca: Bawaslu Kabupaten Sukabumi Buka Pendaftaran untuk Panwascam

Nury mengaku, Bawaslu Kabupaten Sukabumi sampai detik ini merasa aman, terbebas dari intervensi, sehingga hari ini kita tidak menjalankan tugas sesuai dengan mekanisme dan pedoman yang sudah dijalankan.

"Mengenai petugas Panwascam yang lama atau berpengalaman, anjuran dari Bawaslu Pusat maupun Provinsi dalam mekanisme dan pedoman tidak ada ketentuan pendaftar baru atau yang dulunya pernah menjadi Petugas Panwascam," ulasnya.

Yang tercantum dalam pedoman itu terang dia, pendaftar harus mengikuti seluruh tahapan dan mengikuti mekanisme yang ada, diantaranya harus daftar ulang. Secara otomatis, tambah Nury, ketika melakukan administrasi lolos maka Panwascam yang lama harus mengikuti tes sokrative atau tes tulis Online dan tes tulis wawancara.

Nury menyebut, ada empat poin yang harus di kedepankan Bawaslu yakni sinergisitas, integritas, mentalitas dan juga profesionalitas.

"Nah,setelah itu akan masuk ke sesi penilaian akhir yaitu akan diambil tiga besar. Memang terdapat plus minus bagi Panwascam di Pilgub kemarin bisa jadi ketika kinerjanya bagus ini akan menjadi poin plus sebagai faktor kelulusan sebaliknya jika jelek akan menjadi acuan untuk merekrut petugas Panwascam sekarang agar menjadi lebih baik lagi.

Kita juga menerima aduan dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Sukabumi, apabila terdapat beberapa temuan kucurangan dalam Pilkada nanti dari pihak calon agar mendatangi kantor sekretariat Bawaslu Kabupaten Sukabumi."pungkasnya.

Baca juga: Bawaslu Jabar : Jika 3 Institusi Satu Presepsi, Pelanggaran Tindak Pidana Pemilu akan BisaDiselesaikan dengan Baik

BACA Juga: Resmi, 141 Anggota Panwascam Dilantik Bawaslu Kabupaten Sukabumi

Pewarta : Azis Ramdhani
Editor : Red.
COPYRIGHT ©SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close