Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Saturday, November 2, 2019

Redaksi sukabumiNews

Mengenal Wisata Taman Bumi Nasional Ciletuh

Geopark Ciletuh (Gambar Istimewa).  
sukabumiNews, CIEMAS – Taman Bumi Nasional Ciletuh-Palabuhanratu adalah sebuah konsep manajemen pengelolaan kawasan yang menyerasikan keragaman geologi, hayati, dan budaya, melalui prinsip konservasi, edukasi, dan pembangunan yang berkelanjutan di 8 kecamatan di kawasan wilayah Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia.

Taman Bumi Nasional Palabuhanratu atau Palabuhanratu National Geopark adalah satu-satunya geopark atau taman bumi di Jawa Barat, Indonesia.

Taman Nasional Ciletuh-Palabuhanratu juga merupakan tempat wisata baru di Kabupaten Sukabumi, Provinsi Jawa Barat sekaligus merupakan Geopark Nasional Indonesia yang telah diakui United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2015 silam.

Dilansir tropzilla.id, 19 Destinasi Wisata di Geopark Ciletuh ini merupakan Surga Bagi Pecinta Alam

19 Destinasi Wisata di Geopark Ciletuh, Surga Bagi Pecinta Alam

1. Pantai landai yang eksotik – Pantai Ujung Genteng

Salah satu destinasi wisata di Geopark Ciletuh yang wajib kamu kunjungi adalah Pantai Ujung Genteng. Sudahlah berpasir putih, dengan pantai yang landai dan garis yang panjang, ombaknya juga cukup eksotik.

Tidak hanya bisa bersantai, berjemur atau bahkan bermain di pantainya, kamu juga bisa melakukan banyak hal lain, termasuk di antaranya foto prewedding, mengingat pemandangannya yang asyik dan asri. Selain itu, spot ini juga pas untuk kamu yang tertarik menikmati sunset di Sukabumi.

2. Pantai tersembunyi yang istimewa – Muara Cipanarikan

Dibutuhkan usaha dan tenaga yang cukup keras untuk bisa sampai ke Pantai Cipanarikan. Tapi dijamin setelah sampai ke lokasi, kamu akan dibuat kagum dengan semua hal yang ada di sana.

Pasir putih yang halus dan bersih, muara yang cantik dengan air berwarna hijau, pantai yang luas dengan bibir pantai yang lebar, kamu bisa bebas berlarian ke sana kemari tanpa takut mengganggu orang lain. Momen paling asyik, menikmati sunset yang syahdu di sini. Tertarik berkunjung?

3. Bukit gendut yang imut – Bukit Teletubbies, Ujung Genteng

Di Sukabumi juga terserak bukit yang menggelembung di beberapa bagian, yang menyamai bukit tempat para Teletubbies bermain. Lokasinya berada di wilayah Ujung Genteng, Kecamatan Ciracap.

Jika kamu ingin sekedar bersantai di sore hari, menikmati hembusan angin sejuk khas pedesaan dan mendapatkan asupan sinar matahari yang tidak terlalu kejam, sembari menikmati sejumlah gundukan tanah yang hijau, bukit Teletubbies di Ujung Genteng ini bisa menjadi pilihan yang pas untuk dipilih.

4. Spot belajar selancar yang asyik – Pantai Cimaja

Destinasi wisata di Geopark Ciletuh yang ini lebih pas didatangi bagi pecinta pantai dan olahraga surfing. Dengan ombak yang ideal untuk berselancar dan garis pantai yang panjang, beraktivitas di sini dijamin akan menyenangkan.

Pantai Cimaja juga cukup mudah dijangkau dari pusat kota. Selain itu, kamu juga bisa dengan mudah mendapatkan fasilitas umum, mengingat destinasi wisata ini sudah mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Asyik!

5. Pantai cantik yang asri – Pantai Pangumbahan

Satu lagi pantai di wilayah Geopark Ciletuh yang bisa kamu datangi, yaitu Pantai Pangumbahan. Lokasinya yang tersembunyi dan pantainya yang asri menjadi salah satu alasan untuk mendatangi pantai ini.

Hal lain yang bisa menjadi daya tarik adalah keberadaan Penyu Hijau yang menjadikan pantai ini sebagai tempat untuk bersarang dan bertelur. Tapi ingat, jangan sampai diganggu, ya! Pantai ini juga menjadi tempat surfing yang ideal. Namun yang paling mengesankan adalah pemandangannya yang istimewa. Keren abis!

6. Pintu masuk ke Geopark Ciletuh – Pantai Palangpang

Bisa dikatakan pantai ini menjadi pintu masuk ke Geopark Ciletuh dari arah laut. Tidak usah ragu dengan pemandangan yang ditawarkan karena memang keren banget!

Pantainya cukup luas dan panjang, ideal sebagai spot bermain dan bersantai. Pantai ini juga dipergunakan tempat mendarat bagi kegiatan paralayang. Momen paling asyik adalah mendatangi pantai ini di pagi hari, bersamaan dengan keluarnya matahari dari ufuk timur dan pulangnya para nelayan mencari ikan. Eksotik banget!

7. Spot menikmati Geopark Ciletuh dari ketinggian – Puncak Darma

Berada di ketinggian lebih dari 230 mdpl, Puncak Darma menjadi lokasi paling pas untuk bisa menyaksikan keindahan pantai dan samudera yang luas di satu sisi, sekaligus hutan dan air terjun di Geopark Ciletuh di sisi lain.

Perpaduan sawah dan hutan yang menghijau, aliran sungai dan birunya laut membuat panorama alam yang bisa dilihat dari Puncak Darma membius siapapun yang melihatnya. Momen paling asyik adalah dengan menikmati sunrise dari Puncak Darma.

8. Puncak romantis di Geopark Ciletuh – Puncak Tugu

Ada satu spot yang pas untuk membawa pasangan kamu menikmati pemandangan alam di Geopark Ciletuh, yaitu Puncak Tugu. Lokasinya mudah dijangkau dan panorama alam yang indah membuat destinasi wisata di Geopark Ciletuh ini cukup ngehits belakangan ini.

Berada di Dusun Cicukang, Desa Mekarjaya, Kecamatan Ciemas, Puncak Tugu menawarkan pemandangan sejumlah curug hingga tebing dan hutan di Geopark Ciletuh yang eksotik. Kamu juga bisa bermalam di sini dan menyewa tenda untuk menikmati langit malam yang luar biasa.

9. Spot menikmati lanskap Ciletuh – Bukit Panenjoan

Di Geopark Ciletuh pun ada Bukit Panenjoan, dan seperti yang ada di sejumlah lokasi yang tersebar di Indonesia, pemandangan yang ditawarkan juga istimewa.

Lokasinya yang mudah dijangkau, tepatnya di depan kantor PAPSI (Paguyuban Alam pakidulan Sukabumi), membuat destinasi wisata di Geopark Ciletuh ini cukup populer dikunjungi wisatawan lokal. Apalagi ada spot selfie yang cukup ngehits dengan background alam yang istimewa.

10. Terhipnotis oleh view yang luar biasa – Puncak Gebang

Sekali lagi, ada spot asyik untuk menikmati lanskap di Geopark Ciletuh, salah satunya adalah Puncak Gebang. Keberadaan papan titian juga mempermudah pengunjung melemparkan pandangan ke penjuru wilayah.

Puncak Gebang sendiri dibangun secara swadaya oleh masyarakat lokal. Memaksimalkan potensi alam dan pemandangan yang luar biasa, Puncak Gebang menjadi destinasi wisata yang pas bagi para Instagrammer kala mengunjungi Geopark Ciletuh.

11. Menyelami kearifan lokal kampung adat Sukabumi – Kasepuhan Ciptagelar

Desa adat di kaki gunung Halimun ini bisa menjadi destinasi wisata di Sukabumi yang anti-mainstream bagi pecinta budaya lokal. Kamu bisa melihat seperti apa kearifan lokal dari masyarakat yang masih menjunjung tinggi nilai adat dan tradisi Sunda.

Tidak hanya bisa belajar dan memahami ‘the way of life‘ warga di sini, kampung adat di Kasepuhan Ciptagelar ini juga memiliki keunikan, termasuk dari struktur dan bentuk bangunan rumah di sana. Jika beruntung, kamu juga bisa mengikuti upacara adat yang diselenggarakan di hari-hari tertentu. Menarik sekali, bukan?

12. Air terjun alami yang memesona – Curug Puncak Manik

Merupakan salah satu kekayaan alam yang dimiliki Geopark Ciletuh, curug tertinggi ini menyajikan pesona yang keren. Mulai dari tebing batu yang dibalut tetumbuhan hijau menambah eksotisme curug dengan debit air yang luar biasa deras tersebut.

Tidak hanya itu saja, selama perjalanan menuju curug ini, mata kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang memesona, mulai dari sawah, aliran sungai hingga semburat pelangi yang bermuara di air terjun ini. Keren abis!

13. Bak tirai yang tersibak – Curug Awang

Jika debit air meningkat, curug ini menawarkan pemandangan air terjun bak tirai air yang menawan. Sebaliknya, jika debit air tidak cukup tinggi, cucuran airnya tetap menawarkan eksotisme yang mengesankan.

Curug Awang juga menjadi curug terbesar, sekaligus menjadi trademark dari Geopark Ciletuh. Karena keunikan yang ditawarkan, tidak sedikit pula yang menyebut Curug Awang sebagai Niagara Mini di geopark ini. Dengan lanskap berbatu dan aliran air yang tidak cukup deras, bermain air di sini bisa dikatakan cukup aman.

14. Menatap air terjun purba – Air Terjun Cimarinjung

Masih di wilayah Geopark Ciletuh, air terjun Cimarinjung menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang harus menjadi jujukan. Kemegahannya dan kealamiannya tetap terjaga dengan panorama alam yang indah sebagai daya tarik di sekitarnya.

Suasana pedesaan yang masih alami juga menjadi magnet tersendiri untuk mengunjungi air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 50 meter itu. Debit air yang cukup melimpah dari sungai Cimarinjung membuat kamu bakal tertarik untuk bermain air sambil menikmati kesegarannya.

15. Curug tiga tingkat yang Instagenik – Curug Cigangsa

Tidak seperti curug lainnya yang tersebar di Sukabumi, Curug Cigangsa memiliki tiga level tingkatan dengan debit air yang relatif kecil. Namun karena hal inilah curug ini menjadi lebih Instagenik.

Air yang ‘meleleh’ di tebing panjang yang ada mengesankan adanya tirai air di sana. Selain itu, pemandangan alami di sekitar curug menambah eksotisme air terjun ini. Kamu juga bisa bermain air dengan aman karena air yang mengalir di sana bisa dibilang sangat tenang. Asyik, kan?

16. Curug cantik nan eksotik – Curug Cikaso

Bagi penggemar misteri dan cerita mistis, Curug Cikaso bisa menjadi jujukan wisata kamu. Soalnya, mitos yang beredar menyebutkan curug ini ditunggui Nyai Blorong hingga Prabu Siliwangi.

Tapi bila melihat keindahan yang disajikan curug ini, lumrah jika ada yang bersedia menungguinya. Bukan hanya mengesankan, Curug Cikaso ini menyajikan atmosfer yang alami, sejuk dan memiliki panorama alam yang mengesankan. Keren abis!

17. Air terjun kembar yang mengesankan – Curug Sodong

Saat tiba di lokasi, kamu akan disuguhi pemandangan dua air terjun kembar yang mengesankan. Debit air yang cukup besar, terutama di musim penghujan, menambah kemegahan curug ini.

Adanya cerukan di bawah curug menambah keunikan dari destinasi ini. Belum lagi panorama alam di sekitar curug yang asri, yang pastinya akan menjadikan kunjungan kamu ke destinasi wisata di Sukabumi ini akan sangat berkesan.

18. Curug asyik dengan medan yang menantang – Curug Larangan

Curug Larangan menjadi salah satu destinasi wisata di Sukabumi yang tersembunyi. Aliran airnya jernih dengan tebing batu tinggi menjulang menjadi background-nya. Banyak juga tetumbuhan yang mempercantik panorama alam di sekitar curug ini.

19. Curug asyik di tengah hutan tropis – Curug Cikanteh

Untuk bisa mencapai salah satu destinasi wisata di Geopark Ciletuh ini, kamu harus melakukan trekking selama beberapa saat, melewati sejumlah semak dan anak sungai dalam perjalanan menanjak. Namun, sesampainya di lokasi, kamu akan mendapati cuilan surga yang nyata, dengan panorama alam yang natural dan udara yang menyegarkan.

Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019

Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close