Breaking

Thursday, October 31, 2019

Redaksi sukabumiNews

DPR Resmi Tetapkan Idham Azis sebagai Kapolri

Sidang Paripurna DPR pengesahan Komjen Idham Azis sebagai Kapolri (Foto: Okezone/Muhamad Rizky)  
sukabumiNews, JAKARTA - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mengesahkan Komjen Pol Idham Azis sebagai Kapolri. Pengesahan dilakukan dalam Sidang Paripurna di DPR, Senayan, Kamis (31/10/2019).

Sidang Paripurna yang digelar sekira pukul 16.40 WIB itu dipimpin Ketua DPR RI Puan Maharani.

"Apakah laporan Komisi III terhadap uji kelayakan dan kepatutan tersebut dapat disetujui?" tanya Puan kepada anggota dewan yang hadir.

Para peserta sidang serentak menjawab setuju. "Setuju," jawab para anggota dewan.

Sebelum itu, Ketua Komisi III DPR RI Herman Hery membacakan laporan dari rangkaian uji kelayakan dan kepatutan terhadap Kepala Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri tersebut.

"Berdasarkan hasil keputusan rapat pleno tersebut, seluruh fraksi di Komisi III DPR RI menyetujui untuk memberhentikan saudara Jenderal Tito karnavian dan mengangkat Komisaris Jenderal Idham Azis sebagai Kepala Kepolisian Republik Indonesia," ucapnya.

Komjen Idham Azis. (FOTO dok. Istimewa)  
Sebelumnya, Komjen Idham Azis dalam uji kelayakan dan kepatutan membeberkan tujuh program prioritas untuk memajukan Polri. Program tersebut merupakan penguatan Polri promoter (profesional, modern dan tepercaya). "Menuju Indonesia maju, yang diimplementasikan dalam tujuh program prioritas," katanya.

Tujuh program tersebut, pertama, mewujudkan SDM yang unggul. Kedua, pemantapan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat (harkamtibnas). Ketiga, penguatan penegakan hukum yang profesional dan berkeadilan. Keempat, pemantapan manajemen media. Kelima, penguatan sinergi polisi. Keenam, penataan kelembagaan, dan ketujuh penguatan pengawasan.

Dengan begitu Hery berharap, Idham sungguh-sungguh dapat melaksanakan tugas dan fungsinya sehingga mampu meningkatkan citra di bawah lembaga Polri.

"Berperan untuk memelihara keamanan dan ketertiban penegakan hukum serta memberikan perlindungan pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri," tuturnya.

Setelah laporan dibacakan, Puan kemudian memperkenalkan Idham di hadapan sidang paripurna.

Pewarta: AM
Editor : Red
Sumber: Berbagai Media Online
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Berita menarik lainnya:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu


TRENDING TOPIK
close