Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Sunday, October 13, 2019

Azis Ramdhani

1.229 Bakal Calon Kepala Desa se-Kabupaten Sukabumi, Ikuti Tes Akademik

*uji kompetensi bakal calon kades*
Bacakades sedang mengikuti Uji Kompetensi, di Kampus STISIP Widya Puri Mandiri Cisaat, Ahad (13/10/2019).  
sukabumiNews, CISAAT – Sebanyak 1.229 Bakal Calon Kepala Desa (Bacakades) Kepala Desa se-Kabupaten Sukabumi, mengikuti Uji Kompentensi. Pelaksanaan Uji Kompetensi ini dibagi kepada empat lokasi, yakni di Kampus STISIP Widya Puri Mandiri di Cisaat, Universitas Muhammadiah (UMI) di Kota Sukabumi, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Palabuhanratu dan SMAN 1 Sagaranten.


*uji kompetensi bakal calon kades*
Kadis PMD Kabupaten Sukabumi saat memberi arahan kepada peserta uji kompetensi di halaman kampus STISIP Widya Puri Mandiri Cisaat, Ahad (13/10/2019).  
Kepala Dinas (Kadis) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Sukabumi mengatakan, materi yang di ujikan kepada Bacakades ini sebanyak 100  soal pilihan berganda. Terkait isi materi, tambah dia, seluruhnya diserahkan kepada perguruan tinggi yang berada di Kabupaten Sukabumi.

“Sampai hari ini juga saya tidak tahu apa materi yang di ujikan, kemungkinan Uji Materinya tidak jauh dari tugas keseharian pemerintahan desa seperti Undang-Undang No. 6 tentang 2014 dan yang lainnya." ungkap H. Thendy Hendrayana kepada sukabumiNews ditemui di Kampus Stisip Widya Puri Mandiri Sukabumi Jln. Komplek Gelanggang Olahraga Cisaat Kabupaten Sukabumi jawa Barat, Ahad (13/10/2019).

Baca: DPMD Kab Sukabumi: 13 Oktober 2019 Kita akan Laksanakan Tes Akademik bagi Bacakades

Setelah tahapan ke 11 Tes Akademik selesai, jelas Thendy, di tempat itu juga berikutnya akan dilaksanakan ke tahapan tes Wawancara.

“Melalui Uji Kompetensi ini Bacakades akan memiliki pengetahuan dan wawasan yang cukup dibidang pemerintahan sekaligus juga memiliki Visi kalau nanti terpilih menjadi seorang Kades yang Visioner bisa memandang serta menjangkau kedepan agar senantiasa memanfaatkan potensi yang berada di Desanya,” terang H. Thendy.

Ditemui di tempat yang sama, Bacakades Cikujang Kecematan Gunungguruh, Heni Mulyani mengaku, dari hasil uji kompetensi ini dirinya lebih mendapat pengetahuan dan wawasanan, terutama di bidang hukum dan tatakelola aset desa.

"Tidak hanya itu, soal yang berhubungan dengan narkoba serta akibat hukumnya pun ada di uju kompeensi (ujian tertulis) itu," ujar Heni kepada sukabumiNews.

Baca juga: PKS Dukung Aturan Pemabuk Dilarang Menjadi Pemimpin

"Dari 100 soal pilihan ganda yang diujikan, alhamdulillah semua masuk akal dan bisa di isi," akunya.

Selain dihadiri oleh seluruh bacakades dan Kadis PMD, terlihat hadir pada kesempatan tersebut, Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami.

Baca juga: 1.022 Peserta Balon Kades se-Kabupaten Sukabumi Ikuti Tes Narkoba

Pewarta : Azis R
Editor : AM.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close