Breaking

Saturday, August 31, 2019

Redaktur

Resmikan Bendungan Leuwisapi, Gubernur Jabar Dukung Petani Sawah di Sukabumi

Gubernur Jabar, Ridwan Kamil
Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil, pada peresmian Bendungan Leuwisapi di Kp. Halimun, Desa Warungkiara, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (31/08/2019). | FOTO: Azis R/sukabumiNews  
sukabumiNews, WARUNGKIARA – Gubernur Jawa Barat, H. Ridwan Kamil atau yang akrab disapa Kang Emil, hari ini kembali berkunjung ke Kabupaten Sukabumi untuk meresmikan Bendungan Leuwisapi yang berlokasi di Kp. Halimun, Desa Warungkiara, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (31/08/2019).

Dalam kunjungannya Kang Emil menjelaskan, Bendungan Leuwisapi merupakan bagian dari serangkaian program prioritas Pemprov Jabar untuk meningkatan kualitas pertanian sawah di Kabupaten Sukabumi.

"Program pembangunan ini untuk mendukung para petani sawah di wilayah Warungkiara dan sekitarnya. Konsepnya berupa embung dan irigasi untuk menampung air yang bisa dipergunakan mengairi pesawahan warga. Jadi, melalui sarana ini, produktifitas petani sawah bisa lebih meningkat," kata Kang Emil kepada wartawan usai meresmikan bendungan Leuwisapi di Kp. Halimun, Desa warungkiara, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (31/08/2019).

Produktifitas pertanian sawah di Kabupaten Sukabumi, Lanjut Gubernur, harus diwujudkan maksimal. Kang Emil mencontohkan, seperti pada peningkatkan areal pesawahan yang diairi seluas 75 hektar berhasil menjadi 250 hektar dan dari hasil panen sebanyak 675 ton menjadi 3750.

BACA Juga:
Ribuan Hektar Sawah Tanpa Hasil, Dinas Pertanian Kabupaten Sukabumi Upayakan Perbaiki Bendungan Irigasi dan Tambah Tanam

Lebih jauh tentang programnya, Kang Emil menuturkan, saat ini Pemprov Jabar tengah mengerahkan kemampuan untuk membangun desa. Adapun yang dimaksud membangun desa kata Kang Emil, seperti membangun Desa Digital, one village one product dengan uraian satu desa satu perusahaan dan satu pesantren satu produk. Kemudian, lanjut Dia, ada program kredit mesra di Masjid yang difasilitasi DKM melalui program satu desa satu Hafidz Qur'an.

Selain itu, Kang Emil juga menyebut akan menggarap sektor pariwisata dengan serius. Sehingga, kata Dia, pengelolaannya dapat menghasilkan profit. Keseriusan Pemprov Jabar terhadap sektor wisata di Kabupaten Sukabumi lanjut Dia, dapat dilihat pada pengembangan objek wisata Geopark Ciletuh dan titik wisata lainnya, Pemprov Jabar sudah menyediakan anggaran sebesar Rp10 miliyar untuk perbaikan.

"Untuk sektor wisata, sudah disiapkan Rp10 milyar. Untuk masalah lainnya seperti pembuatan bandara, sedang kita pilah dulu lokasinya, bisa di Cicarate Ujung Genteng atau di Cikembar, Inysaallah semuanya akan terwujud dan Sukabumi mampu lebih baik," pungkasnya.


BACA Juga:
Gubernur Jawa Barat Resmikan Masjid Baru Pondok Modern Assalam Sukabumi

Bupati Sukabumi, Marwan Hamami
Bupati Sukabumi, H. Marwan Hamami, saat diwawancarai wartawan usai peresmian Bendungan Leuwisapi di Kp. Halimun, Desa Warungkiara, Kecamatan Warungkiara, Kabupaten Sukabumi, Sabtu (31/08/2019). | FOTO: Azis R/sukabumiNews  
Senada dengan Gubernur Jabar, Bupati Sukabumi H. Marwan Hamami mengaku bahwa berbagai bantuan akan datang ke Kabupaten Sukabumi di tahun 2020. Marwan menyebut ada 8 kecamatan yang masuk kepada pengembangan pembangunan Geopark Ciletuh.

"Alhamdulillah, usulan berbagai pembangunan di Kabaputen Sukabumi sudah masuk program Pemprov Jabar dan Pusat. Kita doakan semoga realisasi pembangunannya cepat agar dapat segera dinikmati oleh warga Kabupaten Sukabumi," jelas Marwan.



Pewarta : Azis R
Editor : Agus Setiawan
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Tertarik dengan Artikel Kesehatan dan lainnya, baca:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

Loading...
close