Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Thursday, May 2, 2019

Redaksi sukabumiNews

Ternyata Seni Bela Diri Pencak Silat Dilestarikan Juga di Belanda

Pesilat Asal Nederland, sekaligus Ketua NPSF, Oliver, saat memperagakan keahliannya, Rabu (1/5). [ Foto: dok. Azis R./sukabumiNews]
--- 
sukabumiNews, GUNUNG PUYUH - Seni bela diri Pencak Silat ternyata diterapkan oleh masyarakat di Negara yang dikenal Negeri Kincir Angin (Netherland). Tercatat lebih dari 60 perguruan silat sudah dibentuk di Negara tersebut dengan perkumpulan perguruannya yang bernama Netherland Pencak Silat Federation (NPSF).

"Yang sudah tergabung dalam (NPCF) sebanyak 40 perguruan dan tahun 2019 ini sudah ada empat sampai lima calon yang akan bergabung, diperkirakan akan tergabung sampai menjadi 45 perguruan Silat pada akhir tahun 2019," Kata Ketua NPSF, Oliver kepada sukabumiNews ditemui saat Mudzakaroh (diskusi) bersama puluhan Pendekar dari berbagi negara Asia dan Eropa.

Mudzakaroh bersama puluhan Pendekar dari berbagi negara Asia dan Eropa (Pendekar Internasional) itu digagas oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Sukabumi pimpinan Mantan Walikiota Sukabumi, HM Muraz. Mudzakaroh dilaksanakan di Pondok Pesantren Dzikir Alfath di Kelurahan Karangtengah, Kecamatan Gunung Puyuh, Kota Sukabumi, Rabu (1/4/2019) malam.


Oliver mengungkapkan, tahun ini ia mempunyai tujuan untuk merekrut sebanyak mungkin perguruan silat di Negara Belanda untuk bisa mengadakan kompetisi bersama, bertukar pikiran untuk meningkatkan seni bela diri pencak silat di Belanda menuju kompetisi Internasional.

"Lebih luasnya kami akan mengembangkannya secara global termasuk di belahan Benua Eropa," ungkapnya.

Oliver menjelaskan, pencat silat di Sukabumi berpotensi untuk go Internasional, lantaran pencak silat Sukabumi mempunyai ciri khas yang unik dan bisa bersaing dengan silat dari beberapa Negara lainya.

"Semua pencak silat dari daerah masing-masing ada kelebihannya dengan jurus-jurus yang khas, dan gaya yang sangat bagus, pasti di Amerika, Inggris, Belanda, Prancis akan senang,"ujarnya

Lebih jauh Oliver menuturkan, perguruan pencak silat di Indonesia sangat beragam dan mempunyai ciri khas yang unik. Setiap perguruan silatnya pun sangat terbuka untuk bertukar pikiran dengan perguruan manapun.

"Sukabumi, Cianjur, Bogor dan kota lainnya mempunyai gaya sendiri, disini ada yang gaya Sukabumi tapi tidak ada keberatan untuk tukar pikiran dengan kota lain, dan itu bertambah baik untuk meningkatkan kualitas silatnya,"pungkasnya.


Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close