Breaking

Tuesday, May 7, 2019

Redaksi sukabumiNews

BAZNAS Kota Sukabumi Targetkan Perolehan ZIS Tahun Ini Sebesar Rp6 Milyar

FOTO: Sekretaris BAZNAS Kota Sukabumi, KH. M. Kusoy.
-- 
sukabumiNews, CIKOLE – Sekretaris BAZNAS yang juga Sekretaris MUI Kota Sukabumi, KH. M. Kusoy menargetkan perolehan ZIS di akhir Ramadhan 1440 H ini sebesar Rp6 Milyar. Target perolehan itu diungkapkan M.Kusoy kepada sukabumiNews di ruang kerjanya, Selasa (7/5/2019).

“Dari 200 ribu lembar kupon zakat fitrah yang dibagikan BAZNAS di kali Rp30 ribu mencapaiRp6 Milyar,” terang Kusoy seraya menegaskan, “semua itu dipungut sebelum Hari Raya Idul Fitri, karena sudah menjadi syarat sahnya Zakat Fitrah dibayarkan sebelum Idul Fitri. Adapun kalau dibayarkan sesudahnya, maka itu masunya kepada sedekah biasa.”

Sementara, Kusoy menyebutkan bahwa untuk Zakal Mal, wajib bagi orang yang sudah Nisab. Menurut Fatwa Majelis Ulama nilai dari Zakat Mal adalah 85 gram emas.
"Jika seseorang sudah berpenghasilan 85 gram emas dalam kurun satu tahun, maka zakat malnya adalah 2,5 persen, kalau 250 pergram saja berarti harus berpendapatan Rp. 45 juta pertahun," imbuhnya.

Kusoy mencontohkan, seandainya gajih (penghasilan) seseorang itu Rp4 juta perbulan, maka di kali 1 tahun sudah mencapai Rp48 juta. Kalau pendapatan sudah sebesar Rp4 juta, bagi ASN itu wajib hukumnya untuk mengeluarkan Zakat gajihnya.

Kendati demikian jelas Kusoy, sebagian Ulama juga berpendapat dikarenakan itu Zakat, maka harus dibagikan ke delapan ashnaf. Baznas Kota Sukabumi juga akan membagikan ke delapan ashnaf diantaranya Fakir miskin, Fisabillilah, Ibnu Sabil, Mualaf, Ghorimin, Riqob dan Amil.

"Jadi Basnaz Kota Sukabumi apabila langsung di daerah pembagiannya 6/8, untuk 2/8 akan di setorkan ke Baznas terutama dana untuk Riqob dan Mualaf," pungkas Kusoy.

Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Tertarik dengan Artikel Kesehatan dan lainnya, baca:
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

close
close
close