Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Wednesday, April 24, 2019

Redaksi sukabumiNews

Puskesmas Girijaya Benahi Tenaga Kerja dan Fasilitas Kesehatan Guna Pelayanan yang Lebih Baik

sukabumiNews, NAGRAK - Puskesmas Girijaya Kecamatan Nagrak, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, saat ini tengah membenahi karyawan dan fasilitas kesehatan. Hal ini dilakukan untuk menghadapi Akreditasi yang akan diselenggarakan pekan kedepan.

"Tujuan utama Akreditasi adalah untuk pembinaan serta peningkatan mutu kinerja  melalui perbaikan yang berkesinambungan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat," jelas Kepala Puskesmas Girijaya,Nasihin kepada wartawan, Rabu (24/4/19).

Nasihin menjelaskan, puskesmas merupakan unit layanan kesehatan primer yang lebih mengutamakan upaya pencegahan penyakit dan promosi kesehatan daripada pengobatan dan rehabilitasi penyakit.

“Seperti yang sudah diatur dalam Peraturan Menteri Kesehatan Permenkes Nomor 75. Tahun 2014, terkait penyelenggaraan puskesmas,” jelasnya.

Nasihin juga mengungkapkan, bahwa atas dasar itu Pemerintah berupaya meningkatkan mutu Puskesmas melalui akreditasi. Akreditasi tersebut merupakan bentuk pengakuan yang diberikan pemerintah terhadap standar pelayanan di Puskesmas.

BACA Juga:
Bupati Harapkan Peningkatan Kompetensi Dokter untuk Pelayanan yang Bermutu

“Banyak inovasi alami yang dilakukan menjelang akreditasi, seperti survey mawas diri (SMD) yang dilakukan setiap hari Selasa berupa kegiatan pengenalan, pengumpulan dan pengkajian masalah kesehatan dibawah bimbingan tenaga kesehatan. Selain itu di desa juga sudah digalakan program Desa Siaga dan Poskesdes," ungkapnya

Tidak hanya itu, tambah Nasihin, Puskesmas memiliki program-program utama yang lebih fokus pada kesehatan perseorangan dan masyarakat di daerah, seperti Pos Pelayanan Terpadu (Posyandu), Puskesmas Keliling serta pelatihan kader yang bertujuan untuk pencegahan dan menanggulangi masalah kesehatan masyarakat.

“Namun memang  tidak dipungkiri masih ada masyarakat memandang sebelah mata terhadap pelayanan Puskesmas karena terbatasnya tenaga dan fasilitas kesehatan, maka dari itu kami akan membenahinya agar pungsi puskesmas bisa dirasakan maksimal oleh masyarakat,” tutur Dia.

Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close