Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Wednesday, April 24, 2019

Redaksi sukabumiNews

Dua Kampung Terdampak Banjir, Belasan Warga Terpaksa Diungsikan

sukabumiNews, CICANTAYAN – Disebabkan oleh hujang lebat yang mengguyur Wilayah Kecamatan Cicantayan Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, pada Selasa, 23 April 2019, mulai pukul 21:00 WIB sampai pukul 23:30 WIB semalam, dua kampung di Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan terdampak banjir, sementara satu kampung lain di wilayah desa yang sama terdampak longsor.

Adapun dua kampung yang terkena banjir tersebut yaitu Kp. Cisande Rt.06/03 dan Kp. Cijalingan Rt.98/03. Sementara musibah longsor menimpa Kp. Parungbaliung Desa Cijalingan Kecamatan Cicantayan. Akibat musibah ini, belasan warga terpaksa harus diungsikan.

Sementara, musibah longsor terjadi di kampung lainnya yaitu Kp. Parung Baliung   dan longsor. Akibatnya, belasan warga yang terdampak banjir dan longsor di kampung tersebut harus diungsikan.

Camat Cicantayan, Sendi Apriadi mengatakan, banjir pertama terjadi di Kampung Cisande RT.06, RW.03, Desa Cijalingan. Kedajian ini diakibatkan oleh derasnya hujan yang menyebabkan dinding sungai sepanjang 7 meter jebol,sehingga airnya meluap dan merendam beberapa rumah warga.

"Luapan air tersebut menyebabkan dua rumah warga terendam dengan ketinggian air lebih kurang 0,5 meter, selain itu 10 kolam penangkaran ikan milik warga ikut terdampak," kata Sendi kepada awak media,Rabu (25/4/2019).

Sendi mengungkapkan, longsor juga terjadi di Kampung Cijalingan RT.08, RW.03, Desa Cijalingan pada pukul 23:30 WIB, yang menimpa salah satu rumah milik warga yang berukuran 20x7 meter, selain itu satu rumah warga lainya terancam longsor susulan.

"Dari dua peristiwa tersebut sedikitnya tiga Kepala Keluarga yang berisi 17 jiwa harus mengungsi ke tempat yang aman, selain beresiko bencana susulan, rumah mereka pun tidak bisa dihuni untuk sementara karena ada beberapa kerusakan," jelas Dia.

Sendi juga menjelaskan bahwa peristiwa tersebut sudah ditangani sejak bencana terjadi dan masih berlanjut sampai hari ini, Rabu (24/4/2019) yang melibatkan pihak Kecamatan, Pihak Desa yang di pimpin langsung oleh Kades Cijalingan, Didin Jamaluddin , BPBD, Dinsos serta Pramuka peduli Cicantayan.

"Langkah yang sudah dilakukan berupa mengungsikan korban kerumah saudara terdekatnya dan memberikan sumbangan serta selimut untuk warga yang terdampak berikut menyelamatkan barang berharga milik mereka, selain itu kami tengah mempersiapkan besi Bronjong, karung dan batu untuk menangani lokasi yang terdampak agar tidak terjadi bencana susulan." Pungkasnya



Pewarta: Azis R.
Editor: AM.
Copyright © SUKABUMINEWS 2019
Jangan Lewatkan!
Masukan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar. Hargai pembaca lain dengan berbahasa yang baik dalam berekspresi. Jangan menyerang atau menebar nuansa kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu

TRENDING TOPIK
close