Penetapan Hasil Seleksi PPS Desa Karangjaya Menuai Kritik, Begini Kata Ketua KPU Ferry Gustaman

Ribuan anggota PPS untuk pemilu 2024 dilantik Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman di Gedung Asrama Haji, Pusbangdai Cikembang, Kecamatan Cikembar, Selasa (24/1/2023). [Foto: Prim RK] 

sukabumiNews.net, KAB. SUKABUMI – Penetapan hasil seleksi Anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Karangjaya Kecamatan Gegerbitung Kabupaten Sukabumi untuk Pemilu 2024 menuai kritik.

Kepala Desa (Kades) Karangjaya Aam Gurniawan menyebut, hasil seleksi oleh Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gegerbitung dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) beberapa hari lalu itu sangat jauh dari yang diharapkan.

"Kok hasilnya tidak sesuai dengan kerteria yang diharapkan." Masa sih orang yang penilaian tinggi, wawancaranya bagus dengan pengalaman yang cukup mempuni di masyarakat bisa tidak lolos, tapi sebaliknya orang yang nilainya rendah dan belum memiliki pengalaman bisa lolos,” ujar Aam kepada sukabumiNews.net, ditemui di kantornya, Rabu (25/1/2023).

Dengan hasil tersebut, Aam mempertanyakan kerteria dan penilaian seperti apa yang diinginkan oleh pihak PPK dan KPU, sehingga bisa meloloskan orang-orang yang dinilainya janggal.

"Saya merasa kecewa melihat rekrutmen yang dilakukan oleh KPU melalui PKK dengan hasil penilaian yang terkesan janggal, tidak profesional dan tidak transparan dalam meloloskan anggota PPS di desa kami,” ucapnya.

Aam menduga rekrutmen anggota PPS yang dilaksanakan KPU melalui PPK di desanya ini hanya pormalitas dan terindikasi adanya titipan dari orang-orang tertentu.

"Kalau begitu, sudah saja KPU tidak usah melakukan proses tahapan seleksi perekrutan anggota PPS. Cukup KPU tujuk orangnya sesuai kemauan KPU. Jadi tidak bikin gaduh," cetusnya.

Menanggapi hal tersebut, PPK Gegerbitung, Budi Artono kepada sukabumiNews melalui WhatsAppnya menyampaikan bahwa terkait rekruitmen PPS adalah merupakan kewenangan KPU.

"Maap, untuk rekrutmen PPS mah kewenangan ada di KPU," kilahnya, singkat.

Sementara Ketua KPU Kabupaten Sukabumi Ferry Gustaman saat dimintai tanggapan terkait persoalan tersebut menyatakan bahwa memang yang menilai dan meloloskannya itu adalah KPU, bukan PPK.

“Tapi itu pun berdasarkan pertimbangan dari PPK,” kata Ferry kepada sukabumiNews.net melalui WhatsApp. Ferry meminta maap jika dalam rekrutmen anggota PPS, banyak yang tidak lolos.

“Dan bagi anggota PPS yang lolos, yang memutuskan dan menilainya itu memang kami (KPU) berdasarkan Computer Assisted Test (CAT) dan hasil wawancara yang dilakukan PPK. Jadi hasil dari PPK menjadi bahan pertimbangan untuk KPU," tandasnya.

Diketahui bahwa sebanyak 1.547 anggota PPS hasil rekruitmen untuk pemilu 2024 telah dilantik Ketua KPU Kabupaten Sukabumi di Gedung Asrama Haji, Pusbangdai Cikembang, Kecamatan Cikembar, Selasa (24/1/2023).

Hadir dalam pelantikan sekaligus apel gelar pasukan ribuan anggota PPS tersebut, Wakil Bupati Sukabumi Iyos Somantri.

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2023

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas

Previous Post Next Post