News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

5 Camat Terbitkan SK Tanpa Dasar, Hasbi Siregar: Bupati Asahan Harus Tanggung Jawab

5 Camat Terbitkan SK Tanpa Dasar, Hasbi Siregar: Bupati Asahan Harus Tanggung Jawab

Ketua DPP LSM Gerakan Aspirasi Rakyat Indonesia (GARI) Kabupaten Asahan, Hasbi Siregar. 

sukabumiNews.net, ASAHAN (SUMUT) – Sebanyak 5 dari 9 Camat di Asahan mengakui bahwa dirinya turut menerbitkan surat keterangan (SK) jumlah Desa/Kelurahan dalam areal lokasi HGU PT Bakrie Sumatera Plantation (PT BSP).

Kelima Camat itu adalah Camat Kecamatan Kota Kisaran Timur, Ahmad Syaiful Pasaribu, Camat Kota Kisaran Barat, Armansyah, Camat Meranti, Sugeng Surya Saragih, Camat Air Joman, Khalid dan Camat Buntu Pane, Rahmad Rambe.

Namun dalam suratnya, kelima Camat tersebut tidak mencantumkan secara rinci berapa luas lahan tanah di wilayah kecamatannya yang masuk dalam areal lokasi HGU PT BSP tersebut.

Menaggapi hal itu, Ketua DPP LSM Gerakan Aspirasi Rakyat Indonesia (GARI) Kabupaten Asahan, Hasbi Siregar, menegaskan bahwa kelima Camat tersebut nyata sudah berbuat sewenang-wenang mengeluarkan surat keterangan tanpa dasar hukum yang jelas.

“Apalagi saat ditandatangani, surat tersebut tidak disertai berita acara (BA) pengukuran yang disampaikan oleh pihak PT BSP ke Camat. Bahkan, jumlah luas masing-masing di wilayah Kecamatan itu juga tidak dijelaskan secara rinci,” ujar Hasbi Siregar ditemui sukabumiNews.net di Gedung DPRD Asahan, Jalan Jenderal Ahmad Yani Kisaran, Rabu (21/9/2022).

Dengan dikeluarkannya surat tersebut, Hasbi menduga ada mafia tanah dalam persoalan perpanjangan lahan HGU PT BSP di Kabupaten Asahan ini.

Hasbi mengingatkan, Bupati Asahan harus bertanggung jawab atas persoalan yang tengan hangat diperbincangkan di tengah-tengah masyarakat Asahan terkait status luas lahan HGU PT BSP yang akan diperpanjang pada 2023 mendatang itu.

“Jangan terkesan ada menjadi mafia tanah. Dan kita tidak ingin nantinya Bupati Asahan terseret-seret atas kasus mafia tanah. Hati-hati dengan mafia tanah.” Tegasnya.

BACA Juga: Plang 'Tanah Ini Milik Pemkab Asahan' Dekat Rumah Bupati Tak Sebutkan Luas Lahan?

Pewarta: ZN
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas