News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Disnakan Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek Pengolahan Produk Peternakan di Lokasi Posyandu Delima

Disnakan Kabupaten Sukabumi Gelar Bimtek Pengolahan Produk Peternakan di Lokasi Posyandu Delima

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi Dedah Herlina (berdiri) didampingi Ketua Pokjanal Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan dan Kades Pasirhalang RM Yusuf Poernama, saat memberikan pemaparan. |  


sukabumiNews.net, SUKARAJA – Pemerintah daerah Kabupaten (Pemdakab) Sukabumi melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan) terus berupaya melakukan terobosan dan program inovasi dalam rangka meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat pasca pandemi.

Salah satunya dengan melakukan bimbingan teknis (bimtek) pengolahan produk peternakan bersama para Kader Posyandu Delima Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi.

Kegiatan bimtek dilaksanakan di Taman Herbal Posyandu Delima Kampung Tugu RT 01/05 Desa Pasirhalang pada Selasa (9/8/2022), dengan dihadiri Wakil Ketua Kelompok Kerja Opersional (Pokjanal) Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan, Ketua Pokjanal Kecamatan Sukaraja Ratu Badrijawati, Kades Pasirhalang RM Yusup Poernama, Ketua PKK Desa Pasirhalang dan Ketua Pokja Posyandu Pasirhalang.

Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Dedah Herlina kepada sukabumiNews mengatakan, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi sengaja melakukan peningkatan keterampilan prodak peternakan untuk para kader Poyandu, seperti halnya kepada para kader Posyandu Delima ini.

“Karena sesuai program dan progres, Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi memiliki peran bagimana masyarakat Kabupaten Sukabumi bisa mengkonsumi protein hewani. Ini yang kami lakukan di Posyandu Delima itu,” ungkap Dedah Herlina.

Dikatakan Dedah bahwa bimtek pengolahan produk peternakan ini bukan saja dilakukan di Posyandu, melainkan kerap dilakukan pada program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Dan Sejahtera (P2WKSS), dan Usaha Kecil Menengah (UKM).

“Bimtek pengolahan produk peternakan ini sangat penting dilakukan untuk meningkatkan konsumsi hewani. Sehingga mereka bisa mengelola dan memberikan prodaknya kepada anak-anak dan juga bisa meningkatkan pendapatan keluarga bilamana produk usahanya terus berkembang secara pesat,” jelas Dedah.

Untuk itu, tambah Dedah, ke depan pihaknya akan terus meminitor apakah program ini bisa berjalan atau tidak.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Pokjanal Kabupaten Sukabumi Yani Jatnika Marwan mengaku bersyukur karena kegiatan Pokjanal di Posyandu Kecamatan Sukaraja ini sudah berjalan dengan baik.

"Insya Allah pemberian pelatihan seperti ini akan sangat dibutuhkan untuk referensi pada saat nanti diajukan penilaian. Ini juga sekaligus untuk mensiasati masyarakat kita dalam meningkatkan konusumsi protein hewani, terutama untuk masalah stunting," kata Yani Jatnika Marwan.

Keberhasilan ini, kata dia, tidak terlepas dari peran Kepala Desa dan ibu penggerak PKK yang selalu peduli membina dan memberikan fasilitas untuk Posyandu. Sehingga saat dinilai dari enam posyandu di Kabupaten Sukabumi ini, Posyandu Sukaraja keluar di juara 1.

“Tinggal bagaimana nanti melihat dokumen-dokumennya. Kemudian administrasinya juga harus dipersiapkan," pungkasnya.

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas