News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Terkuak, Penerima Bansos Tahun 2021 di Tujuh Desa Kecamatan Tinggi Raja Diduga Fiktif

Terkuak, Penerima Bansos Tahun 2021 di Tujuh Desa Kecamatan Tinggi Raja Diduga Fiktif

Ilustrasi.  

sukabumiNews.net, ASAHAN (SUMUT) – Penerima bantuan sosial (Bansos) APBD Asahan tahun anggaran 2021 di Tujuh desa Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara (Sumut) diduga fiktif.

Informasi yang diperoleh dari sejumlah sumber menyebut, bantuan dana hibah yang  diusulkan oleh Kepala Desa itu merupakan pokok pikiran (pokir) dari oknum anggota DPRD Kabupaten Asahan.

Terkait persoalan itu, Kepala Desa Terusan Tengah, Nauli Manurung dikonfirmasi melalui ponselnya mengaku bahwa usulan proposal itu ditandatanganinya. Namun, saat realisasi pencairan melalui tansfer ke masing-masing kelompok. Dia (Kades) tidak mengetahui berapa jumlah bantuan tersebut.

Kemudian ketika pencairan, kata Kades, ada dua orang anak mainnya oknum anggota DPRD Kabupaten Asahan. “Dan bantuan itu bukan hanya di desanya saja, Desa Tinggi Raja dan Desa Piasa Hulu serta desa lainnya juga menerima,” katanya, Kamis (21/4/2022).

Menurut Kades, seingat dia, usulan yang dtandatanganinya ketika itu ada 18 kelompok. Sedangkan soal pencairan dan realisasinya, kades itu mengaku tidak mengetahuinya.

Bahkan kata dia, terkait persoalan itu dirinya sempat dipanggil Kejaksaan dan Inspektorat. “Pemanggilan itu hanya sebatas koordinasi. Yang jelas tidak ada keterlibatan saya di situ,” ucap Kades melalui ponselnya.

Sementara Kepala Desa Piasa Hulu, Imam, saat dikonfirmasi melalui ponsel, mengaku bahwa usulan bantuan sosial maupun dana hibah di desanya itu memang benar bebentuk proposal.

“Ada ketua sekretaris dan bendahara. Namun saya lupa berapa kelompok yang diusulkan. Soal berapa jumlah bantuan kepada kelompok penerima juga saya tidak mengetahui,” terang Imam.

Di lain pihak Mantan Camat Tinggi Raja Syaiful Pasaribu, yang saat ini menjabat sebagai Camat Kota Kisaran Timur ketika dikonfirmasi melalui Whats-App membenarkan bahwa memang ada bantuan hibah kepada kelompok masyarakat ditahun 2021.

Namun kata dia pihak kecamatan tidak dilibatkan. “Dana hibah itu pokirnya anggota DPRD Kabupaten Asahan. Kalau di Kecamatan Tinggi Raja ada 7 desa yang menerima bang,” kata Syaiful.



Pewarta: ZN
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas