News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

BAZNAS Kabupaten Sukabumi akan Bangun Rumah Sehat untuk Mustahiq Zakat

BAZNAS Kabupaten Sukabumi akan Bangun Rumah Sehat untuk Mustahiq Zakat

Kepala Divisi bidang Perindustrian dan Pendayagunaan pada BAZNAS Kabupaten Sukabumi, Muhamad Kamal mengatakan, dalam waktu dekat pihaknya akan bangun Rumah Sehat untuk Mustahiq Zakat.  

sukabumiNews, KEBONPEDES (KAB SUKABUMI) – Dalam waktu dekat, Badan Amil Zakat Kabupaten (BAZNAS Kab) Sukabumi akan membangun Rumah Sehat untuk para Mustahiq Zakat atau kelompok yang berhak menerima zakat.

Hal ini disampaikan Kepala  Divisi bidang Perindustrian dan Pendayagunaan pada BAZNAS Kab Sukabumi, Muhamad Kamal kepada sukabumiNews.net disela-sela kegiatannya di wilayah Desa/Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Jum’at (1/4/2022).

Sebelumnya, kata Kamal, BAZNAS Kabupaten Sukabumi pada Ramadhan 1442 Hijriyyah tahun 2021 Masehi lalu mengeluarkan retribusi dana infak Rp5000 untuk dialokasikan untuk bantuan pembangunan Rumah sehat baznas atau Rutilahu di wilayah Kabupaten Sukabumi.

“Dan pembangunan ini merupakan rencana berkelanjutan dari rencana bulan Ramadahan tahun sebelumnya.,” jelas Kamal.

Sebagai langkah untuk merealisasikannya, kata Kamal, rencana tersebut harus melalui sumber reguler dan sumber tahunan atau gerakan infak.

"Alokasi sumber reguler merupakan hasil dari penghimpunan, Infak/Sedekah dari masyarakat, pengusaha dan Aparatur Sipil Negeri (ASN) Kabupaten Sukabumi," tambahnya.

Kamal menjelaskan, retribusi inpak Rp5000 yang akan dihimpunnya di bulan Ramadhan 1443 Hijriyyah ini akàn dialokasikan dan diperuntukan untuk pembangunan Rumah Sehat Baznas yang anggaranya lebih dari Rp4 millyar.

Namun, terang Kamal, saat ini anggarannya baru terhimpun Rp2,5 millyar dari anggaran bulan Ramadhan tahun 1442 Hijriyyah lalu.

“Mudah- mudah di tahun ke dua, yaitu 1443 ini target kita bisa tercapai, sehingga pembangunan Rumah Sehat Baznas bisa kita mulai di tahun ini. Kalau pun tidak, mungkin di tahun depan," katanya.

Kamal menyampaikan bahwa Rumah Sehat Baznas ini merupakan satu program yang mewakili BAZNAS dalam pelayanan kesehatan secara terpadu kepada seluruh mustahiq.

“Termasuk pelayanan kesehatan di daerah bencana yang meliputi aspek kuratif, preventif, rehabilitatif, promotif dan advokatif, serta mengikuti peraturan dan perundang-undangan kesehatan di Republik Indonesia,” terang Kamal.

Kamal menyebut, Visi Rumah Sehat Baznas, yaitu “Menjadi Model Pelayanan dan Pemberdayaan Kesehatan” khususnya masyarakat dhuafa yang berstandar nasional.

“Baznas Kabupaten Sukabumi selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, seiring dengan visi-misi Kabupaten Sukabumi yaitu religious, maju, inovatif," tutupnya.


Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2022

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas