News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Akibat Hujan Deras, Dua Bendungan di Parakanlima Jebol, Petani Trancam Gagal Panen

Akibat Hujan Deras, Dua Bendungan di Parakanlima Jebol, Petani Trancam Gagal Panen

Kades Parakanlima, Mirwanda Yamami. (Foto: Lison Anggara Putra) 

sukabumiNews.net, CIKEMBAR – Dua bendungan yang berlokasi masing-masing di Leuwi Kawung dan Leuwi Bagong, tepatnya di Desa Parakanlima, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi Jebol. Akibatnya, Petani di daerah tersebut terancam gagal panen.

Kepala Desa (Kades) Parakanlima, Mirwanda Yamami kepada sukabumiNews mengatakan, jebolnya 2 bendungan itu diduga akibat  hujan deras yang mengguyur wilayah desanya pada Ahad, 21 Nopember 2021 kemarin.

Berdasarkan informasi yang diperoleh sukabumiNews, kondisi kerusakan bendungan Leuwi Kawung hingga saat ini mencapai 90%. Sedangkan kondisi kerusakan bendungan Leuwi Bagong mencapai 50% dari kondisi sebelumnya.

“Dengan kondisi seperti ini pemdes Parakanlima saat ini harus bekerja keras menghadapi kekhawatiran gagal panen di kala musim kemarau nanti, seperti yang dialami tahun kemarin,” ungkap Kepala Desa (Kades) Parakanlima, Mirwanda Yamami kepada  sukabumiNews.net, Senin (22/11/2021).

Dikatakan Mirwanda, bendungan tersebut baru selesai pengerjaannya pada tahun ini. Namun disebabkan bencana alam yang tidak terduga, bendungan tersebut mengalami rusak parah lantaran tak tahan dengan hantaman arus air yang begitu deras dan besar.

“Area pertanian yang dialiri oleh 2 titik bendungan ini dapat mengaliri sekitar 100 hektar lahan,” jelas Kades.

Sementara tambah dia, kerugian akibat bencana ini diperkirakan mencapai hingga 1 miliyar rupiah.

Menyikapi kondisi ini Kades Mirwanda mengaku telah berupaya melaporkannya ke pihak terkait, baik melalui instansi pemerintah maupun BPBD. “Pemdes bersama masyarakat juga telah berupaya semampunya untuk meminimalisir kerusakan secara gotong royong,” katanya.

Terakhir Mirwanda Yamami berharap dengan adanya kondisi seperti ini dinas-dinas terkait bisa memberikan perhatian, dikarenakan mayoritas masyarakat di wilayah desanya merupakan petani, yang tentunya sangat membutuhkan banyak air sebagai media pendukung dalam bercocok tanam.

Pewarta: Lison Anggara Putra
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas