News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Agung Nugraha Apresiasi Pengembangan Wacana Virus oleh Kelompok UKM Milenial Caringin

Agung Nugraha Apresiasi Pengembangan Wacana Virus oleh Kelompok UKM Milenial Caringin

Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi dari Fraksi Demokrat, Agung Nugraha (kemeja hitam) didampingi Kabid UKM Kabupaten Sukabumi, Nandang (kiri), Camat Caringin, Anwari (kedua dari kanan), dan Kades Cikembang Ujang, Suhanda (paling kanan) saat menyerap aspirasi dari Kelompok UKM milenial Caringin dalam acara reses III TA 2021 pada hari ke-3 di Kp Cicurug, Kecamatan Caringin, Rabu (3/11/2021). 

sukabumiNews.net, CARINGIN – Ada yang menarik simpati Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Sukabumi Agung Nugraha saat melakukan reses III (ke-3) TA 2021 pada hari ketiganya di Kampung Cicurug RT 05/02, Desa Cikembang Kecamatan Caringin, Kamis (3/11/2021).

Pasalnya, saat resesnya di kampung tersebut, Kelompok Usaha Kecil dan Menengah (UKM) milenial Caringin menyampaikan aspirasi soal Virus.

“Namum ternyata, Virus yang dimaksud oleh kelompok UKM milenial Caringin ini adalah kegiatan usahanya di bidang pertanian yang dikelola secara integrasi teknologi dan menghasilkan nilai ekonomi,” ujar Agung Nugraha dalam keterangannya kepada sukabumiNews.net, Rabu (3/11/2021).

“Virus yang dimaksud mereka adalah kepanjangan dari istilah Vivir ka Urus (bahasa sunda), atau bagaian samping keurus,” jelas Anggota DPRD dari Fraksi Demokrat itu.

Dikatakan Agung bahwa dalam usahanya kelompok UKM tersebut lebih memprioritaskan pengembangan ekonomi berbasis pertanian yang ditanam di polybag.

Agung mengaku, dirinya sangat mendukung kegiatan usaha para milenial yang bergerak di bidang ekonomi pertanian ini. Ia juga yakini, jika usaha pertanian ini sangat menjanjikan. “Apalagi jika diintegrasikan dengan teknologi,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, kelompok UKM Viris ini juga membagikan tanaman di polybag kepada masyarakat, untuk disimpan di samping rumah supaya menghasilkan nilai ekonomi.

"Kaum muda pasti bisa. Era tani bukan milik bapak-bapak saja, saatnya para pemuda ambil bagian dari ekosistem usaha pertanian. Bisa sebagai penjual, pengolah, pembuat pupuk, bahkan menjadi tutor bidang pertanian di Youtube," kata Agung.

Terakhir Agung menyatakan, menganai usaha yang sedang dijalankan UKM Virus ini, ia akan berkolaborasi dengan mitra kerja, salah satunya Diskoperindag Kabupaten Sukabumi, supaya membantu agar gagasan yang kreatif dari kelompok UKM ini tersebut dapat menjadi percontohan bagi para milenial lain.

Di tempat yang sama, Kabid UKM Diskoperindag Kabupaten Sukabumi, Nandang, yang turut hadir pada kegiatan reses anggota Komisi III DPRD itu menyatakan kesiapannya untuk membantu Kelompok UKM di Kecamatan Caringin.

“Inysa-Allah kami bersedia mencarikan solusi dari aspirasi dan gagasan-gagasan ekonomi berbasis pertanian yang disampaikan oleh kelompok UKM Virus ini, khususnya mengenai kesulitan yang dihadapi, sebagaimana permintaan langsung dari pak Agung Nugraha,” ucap Nandang.

Hadir juga dalam kegiatan reses ini Camat Kecamatan Caringin, Anwari dan Kepala Desa Cikembang Ujang Suhanda.

Sementa, Camat Anwari dalam kesempatan itu mengaku bahwa dirinya sedang terus menyosialisasikan ekonomi berbasis pertanian yang terintegrasi secara berkesinambungan.

Karena menurutnya, ini merupakan kolaborasi kekayaan alam dan sumber daya manusia di wilayah kecamatan yang dipimpinnya.

Pewarta: Andika AU
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas