News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Prawita GENPPARI Menambah Literatur Pengembangan Kepariwisataan di Melbourne, Australia

Prawita GENPPARI Menambah Literatur Pengembangan Kepariwisataan di Melbourne, Australia

Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi saat berada di Melbourne, Australia. (Istimewa) 

sukabumiNews.net, BANDUNG – Kunci keberhasilan suatu pembangunan akan terletak pada ketersedian SDM yang kompeten, termasuk pembangunan di bidang kepariwisataan.

Apalagi Indonesia memiliki potensi besar dalam mengembangkan kepariwisataan karena memiliki keragaman jenis dan jumlah yang sangat banyak, serta letaknya tersebar di seluruh wilayah Indonesia.

Terkait dengan hal tersebut, Prawita Gerakan Nasional Pecinta Pariwisata Indonesia (GENPPARI) sebagai penggerak para pegiat pariwisata Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas SDM kepariwisataan Indonesia.

“Untuk bisa berbagi dengan yang lain, tentunya di internal organisasi juga harus terus ditingkatkan kualitas SDM-nya. Oleh karena itu, salah satu yang dilakukan adalah melakukan studi kepariwisataan ke kota Melbourne di Australia,“ ungkap Ketum DPP Prawita GENPPARI Dede Farhan Aulawi saat bincang-bincang dengan sukabumiNews.net di Bandung, Rabu (29/9/2021), sekembalinya ia dari Melbourne, Australia.

Meskipun kota besar, tetapi kata Dede, Australia memiliki keteraturan dan disiplin yang baik dari setiap warga negaranya. Termasuk para turis yang datang pun mengikuti aturan-aturan yang ada.

“Menariknya bukan hanya kereta listrik yang bisa tepat waktu di setiap stasiun, bus pun bisa tepat waktu di setiap halte kedatangan dan keberangkatan. Jadi membantu dan memudahkan membuat rencana keberangkatan ataupun kepulangan ke berbagai tujuan kunjungan. Terlebih d kota ini juga terdapat beberapa universitas ternama dimana banyak mahasiswa dari berbagai negara ada di kota ini,” terangnya.

BACA Juga: GENPPARI Kunjungi Sentra Industri Produk Pariwisata di Cikoneng, Ciamis

Dede juga menjelaskan bahwa Melbourne merupakan ibu kota negara bagian dari Victoria di Australia, dan letaknya berada di sebelah tenggara benua Australia yaitu di sekitar Port Philip.

Di sisni, lanjut Dede, masyarakatnya gemar berolahraga seperti rugbi, kriket, tenis, bola basket, dan sepak bola, sehingga tak heran banyak stadion dan lapangan di kota ini. Bahkan beberapa stadion menjadi tujuan wisata karena memiliki daya tarik tersendiri.

“Inilah salah satu contoh kalau desain dan rancang bangun gedung dan stadion juga bisa menjadi objek wisata,” ujar Dede.

Lebih lanjut dia memaparkan, di Melbourne terdapat keragaman objek wisata yang bisa dikunjungi, baik berupa taman, kebun binatang, museum, ataupun tempat perbelanjaan bagi yang suka belanja. Beberapa spot yang sering dijadikan tujuan kunjungan wisatawan diantaranya Queen Victoria Market yaitu pasar tempat belanja aneka produk termasuk makanan, buah, daging, dan sayuran.

Lalu ada juga Flinders Street yaitu suatu jalan dengan berbagai arsitektur yang menawan sehingga menjadi salah satu jalan utama di pusat Melbourne dan banyak wisatawan hanya sekedar berjalan-jalan santai menyusuri jalanan ini.

“Jalanan ini sejajar dengan Sungai Yarra yang mempunyai panjang sekitar 1 mil. Selain itu, di sekitar jalan Flinders Street terdapat Stasiun Flinders Street, Victoria Immigration Museum, Federation Square, dan lain-lain,” ungkanya.

Kemudian kata Dede, bagi wisatawan yang menyukai pantai, di sini ada St. Kilda Beach yang merupakan pantai indah yang terletak di St. Kilda, Port Philip, Victoria, Australia. Letaknya sekitar 6 kilometer ke selatan dari pusat kota Melbourne.

Dede menjelaskan bahwa di pantai ini terdapat berbagai deretan pohon palem, dan ada berbagai macam aktivitas pantai seperti permainan bola voli maupun hanya berjalan santai. Selanjutnya, jalan utama di St. Kilda terdapat berderet kedai minuman, kafe, dan restoran yang menyajikan berbagai macam hidangan makanan dari Melbourne.

“Di samping itu ada juga pantai lain yang tak kalah menariknya, yaitu Half Moon Bay di pinggiran Black Rock. Jadi Melbourne ini memiliki banyak pilihan pantai yang menjadi tujuan wisata lainnya seperti Pantai Brighton, Mordialloc Beach, Fairy Cove, Point King Sorrento, Teluk Waratah, dan lain-lain,” terangnya.

Jangan lupa, pesan Dede, bahwa di Melbourne ini ada salah satu universitas ternama dunia yang bernama Universitas Monash (Monash University) yang merupakan salah satu universitas terbesar di Australia yang kampus utamanya terletak di Clayton, Victoria.

“Sebagian wisatawan yang menyukai wisata edukasi dan kampus pendidikan juga berkunjung sekedar merasakan sensasi lingkungan kampus yang asri, perpustakaan yang besar, dan cafetaria yang bersih,” pungkas Ketum DPP Prawita GENPPARI yang juga mantan Anggota Kompolnas RI itu.

BACA Juga: GENPPARI Inisiasi Program Pos Wisata Anti Narkoba

Pewarta: Novi Gumilar
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas