News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Baru Selesai Dikerjakan Talang Air Ambruk, Begini Kata Kadis PU Kabupaten Sukabumi

Baru Selesai Dikerjakan Talang Air Ambruk, Begini Kata Kadis PU Kabupaten Sukabumi

Kondisi talang air irigasi yang ambruk. (Foto: Prim RK) 

sukabumiNews.net, GUNUNGGURUH – Longsoran material batu besar di Leuwi Munding Desa Kebon Manggu Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi menimpa Talang air irigasi di kawasan tersebut. Akibatnya, talang air yang baru selesai dibangun itu kembali ambruk.

Asep Japar. (Foto: Prim RK)

Kepala Dinas (Kadis) PU Kabupaten Sukabumi Asep Japar mengatakan, ambruknya talang air yang terjadi pada Selasa (7/9/2021) itu murni bencana alam, bukan kesalahan kontraktor.

"Jadi bukan karena kontruksi yang jelek. Tapi akibat longsoran batu besar di atas tebing yang menimpa bangunan talang irigasi yang berdampak pada ambruknya bangunan tersebut," jelas Kadis PU yang akrab disapa Asjap itu kepada sukabumiNews, ditemui di kantornya jalan Pelabuhan II, Lembur Situ Kota Sukabumi, belum lama ini.

Asjap menyebut, pemeriksaan pekerjaan pembangunan talang air yang bersumber dari anggaran APBD  2021, dengan nilai kontrak sebesar Rp 683.423.000 itu telah selesai dilakukan oleh Panitia Pemeriksa Hasil Pekerjaan (PPHP).

"Pekerjaannya sudah selesai dilakukan pemeriksaan dan sesuai spek. Kejadian itu masuknya bencana alam," tandasnya.

Kendati demikian kata Asjab, saat ini pekerjaan pembangunan talang irigasi tersebut masih dalam masa pemeliharaan.

"Kemaren saya sudah mencoba mengkonfirmasi dan menyampaikan kepada pihak kontraktor agar bisa diperbaiki. Karena memang melihat dari sisi waktu masih ada tahapan pemeliharaan,” ungkap Asjap.

Ia menambahkan, dirinya sudah berupaya berkomunikasi dengan pihak kontraktor agar dilakukan perbaikan atas pekerjaannya tersebut. "Alhamdulilah mereka (kontraktor) bersedia memperbaiki seluruh kontruksi yang terkena bencana longsor. Mudah-mudahan segera diperbaiki,” harapnya.

Kepala Dinas PU Kabupaten Sukabumi itu meminta kepada masyarakat setempat agar bisa mendorong pekerjaan tersebut, dan turut memeliharanya jika sudah selesai nanti, “karena ini pun untuk kepentingan masyarakat,” tutupnya.


Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas