News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Umat Islam akan Dijadikan Rebutan Umat Lain Ibarat Orang Lapar Memperebutkan Makanan

Umat Islam akan Dijadikan Rebutan Umat Lain Ibarat Orang Lapar Memperebutkan Makanan

Ilustrasi: berbut makanan/ net. 

Suatu saat, umat Islam akan dijadikan rebutan oleh orang-orang selain Islam ibarat orang-orang yang lapar memperebutkan makanan dalam hidangan.

Kondisi seperti ini disampaikan Rasulullah SAW dalam sabdanya yang diriwayatkan oleh Imam Abu daud:

يُوشِكُ الْأُمَمُ أَنْ تَدَاعَى عَلَيْكُمْ كَمَا تَدَاعَى الْأَكَلَةُ إِلَى قَصْعَتِهَا. فَقَالَ قَائِلٌ: وَمِنْ قِلَّةٍ نَحْنُ يَوْمَئِذٍ , قَالَ : بَلْ أَنْتُمْ يَوْمَئِذٍ كَثِيرٌ وَلَكِنَّكُمْ غُثَاءٌ كَغُثَاءِ السَّيْلِ وَلَيَنْزَعَنَّ اللَّهُ مِنْ صُدُورِ عَدُوِّكُمُ الْمَهَابَةَ مِنْكُمْ وَلَيَقْذِفَنَّ اللَّهُ فِي قُلُوبِكُمُ الْوَهْنَ فَقَالَ قَائِلٌ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا الْوَهْنُ قَالَ حُبُّ الدُّنْيَا وَكَرَاهِيَةُ الْمَوْتِ ( رواه أبوداود)

Akan datang suatu masa, umat lain akan memperebutkan kalian, ibarat orang-orang yang lapar memperebutkan makanan dalam hidangan. Sahabat bertanya, “Apakah pada waktu itu jumlah kami hanya sedikit, ya Rasulallah?” Beliau menjawab, ”Bukan, bahkan sesungguhnya jumlah kalian saat itu banyak, tetapi kualitas kalian ibarat buih yang terapung-apung di atas air bah dan Allah akan mencabut wibawa kalian atas musuh kalian serta jiwa kalian akan tertanam wahn (kelemahan jiwa). Sahabat bertanya,”Apa yang dimaksud kelemahan jiwa ya Rasulallah?” Beliau menjawab, yaitu cinta dunia dan takut mati.” ( HR. Abu Daud)

Apabila umat Islam sudah mengagungkan dunia, ketimbang kehidupan akhirat, enggan dengan perjuangan dan tidak lagi berani menganjurkan yang baik serta melarang yang mungkar, maka Allah akan mencabut keberkahan wahyu. Sebagaimana disinyalir oleh Rasullallah Shallallahu’alaihi wa sallam:

إذا عظمت أمتي الدنيا نزعت منها هيبة الإسلام وإذا تركت الأمر بالمعروف والنهي عن المنكر حرمت بركة الوحي ( رواه الترمذي)

Apabila umatku telah mengagungkan dunia maka di cabutlah kehebatan islam darinya. Dan apabila meninggalkan amar ma’ruf nahi munkar, maka terdindinglah keberkahan wahyunya.” ( H R. Turmidzi )

Sebagaimana firman Allah dalam surat Ali Imran ayat 112:

ضُرِبَتْ عَلَيْهِمُ الذِّلَّةُ أَيْنَ مَا ثُقِفُوا إِلَّا بِحَبْلٍ مِنَ اللَّهِ وَحَبْلٍ مِنَ النَّاسِ

Ditimpakan atas mereka kehinaan, dimana saja mereka berada, melainkan (mereka) yang menjalin hubungan dengan Allah dan hubungan dengan manusia.” (Ali Imran ayat 112)


Disampaikan oleh #ustManatahan dalam khutbah Jum’atnya pada 20 Dzulhijjah 1442 H / 30 Juli 2021.

Berbagi kebaikan dengan Share! Bila dirasa penting dan dianggap bermanfaat

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas