News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Khutbah Jumah: Bisnis Sukses Dunia Akhirat

Khutbah Jumah: Bisnis Sukses Dunia Akhirat

Kang Malik AS, Pemimpin Redaksi sukabumiNews saat melaksanakan khutbah di sebuah Masjid Jami di wilayah Kabupaten Sukabumi. (Foto: Isrimewa)  

KHUTBAH PERTAMA:

Alhamdulillah alladzi an’amanah binikmatil iman wal Islam wa akramana bikhilafatihi min jamiil alam. Asyhadu an laa ilaha illallah wahdahu la syarikalahu. Wa asyhadu anna muhammadan abduhu warasuuluhu. Allahumma salli wasallim wabarik ala nabiyina muhammadin wa ala alihi wa ashabihi wa man tabiahum ila yaumiddin. Wabakdu.

Qola allahu taala fil quranil azim. A’uudzubillahi minassyaithaanittajiim:  Ya ayyuha alladzina amanu hal adullukum ‘alaa tijaaratin tunjiikum min ‘adzaabin aliim.

Sidang Jumuah yang dirahmati Allah

Setiap orang dalam hidupnya pasti memiliki keinginan untuk mendapatkan keberuntungan baik di dunia, apalagi di akhirat nanti.

Untuk menuju hal tersebut, ada modal yang harus dipersiapkan, sebagaimana umumnya berbisnis. Dan bisnis yang dimaksud ini adalah Tijaarah, jual beli dengan Allah.

Untuk itu, keuntungan yang akan diraihnya pun adalah keuntungan yang sangat besar dari Allah SWT.

Allah telah menunjukkan kepada orang-orang yang beriman dari hamba-Nya yang menginginkan keberuntungan, sukses dunia akhirat, selamat dari adzab-Nya. Allah berfirman:

A’uudzubillahi minassyaithaanirrajiim

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ هَلْ أَدُلُّكُمْ عَلَىٰ تِجَٰرَةٍ تُنجِيكُم مِّنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ

Wahai orang-orang yang beriman, sukakah kalian aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih? (Quran Surat As-Shaff Ayat 10).

Apa keuntungan yang sangat besar itu? Yaitu تُنجِيكُم مِّنْ عَذَابٍ أَلِيمٍ terlepas dari dzab, siksa Allah yang sangat pedih.

Sidang Jumuah yang dirahmati Allah

Lalu, apa modal utama dan pertama yang harus dipersiapkan? Ayat selanjutnya mengatakan;  تُؤْمِنُونَ بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ  yaitu berimankepada Allah dan Rasulnya.

Iman kepada Allah dan Rasul-Nya itulah modal utama yang harus dipersiapkan untuk mendapatkan keuntungan yang sangat dari Allah SWT.

Apa itu Iman? Dalam Al-Qur’an surat Al-Baqarah: 285 disebutkan bahwa arti iman adalah: سَمِعْنَا وَأَطَعْنَا  (mendengar dan ta’at), dalam artian kita mendengar akan perintah Allah, kemudian diikutinya dengan ta’at, mau melaksanakan perintah-Nya.

Begitulah orang yang beriman, dan itulah modal pertama yang harus dipersiapkan dalam berbisnis dengan Allah.

Sementara menurut Hadits yang diriwayatkan oleh Ibnu Majah dan Imam Thabrani menyebut, bahwa iman adalah:

اَلْاِيْمَانُ عَقْدٌ بِالْقَلْبِ وَ اِقْرَارٌ بِالِّسَانِ وَ عَمَلٌ بِالْاَرْكَانِ

Al-iimaanu 'aqdun bil qalbi wa iqraarun billisaani wa 'amalun bil arkaan

Yang didefinisikan dengan keyakinan dalam hati, diikrarkan dengan lisan, dan diwujudkan denganamal perbuatan. Itulah makna iman.

Yang kedua:  وَتُجَاهِدُونَ فِي سَبِيلِ اللَّهِ بِأَمْوَالِكُمْ وَأَنْفُسِكُمْ ; yaitu berjihad (sungguh-sungguh) berjuang di jalan Allah, baik dengan harta maupun jiwa raga demi mengagungkan ajaran-Nya. Dan ذَلِكُمْ خَيْرٌ لَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ تَعْلَمُونَ  demikian itulah lebih baik bagi kalian, jika kalian mau mengetahui.

Yang terakhir, Setelah mempersiapkan kedua modal dan lalu melaksanakan apa yang diperintahkannya dalam berbisnis tersebut, keuntungan utama yang paling ditunggu-tunggu dan akan didapatkannya yaitu;

 يغْفِرْ لَكُمْ ذُنُوبَكُمْ وَيُدْخِلْكُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الأنْهَارُ وَمَسَاكِنَ طَيِّبَةً فِي جَنَّاتِ عَدْنٍ ذَلِك الْفَوْزُ الْعَظِيم

“Allah akan mengampuni dosa/kesalahan-kesalahan kalian, dan akan memasukkannya ke tamam-taman yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, dan tempat tinggal yang baik di Syurga And. Itulah kemenangan yang sangat besar”.

Jadi jika kalian mau melakukannya - Wahai orang-orang beriman - apa yang Allah perintahkan kepada kalian, maka Allah akan mengampuni dosa-dosa kalian, lalu memasukkan kalian ke dalam Syurga-Nya.

بَارَكَ الله لِيْ وَلَكُمْ فِي الْقُرْآنِ الْكَرِيْمِ، وَنَفَعَنِيْ وَإِيَّاكُمْ بِمَا فِيْهِ مِنَ الْآيَاتِ وَالذِّكْرِ الْحَكِيْمِ. أَقُوْلُ قَوْلِيْ هذا وَأَسْتَغْفِرُ اللهَ لِيْ وَلَكُمْ وَلِسَائِرِ الْمُسْلِمِيْنَ مِنْ كُلِّ ذَنْبٍ، فَاسْتَغْفِرُوْهُ إِنَّهُ هُوَ الْغَفُوْرُ الرَّحِيْمُ.

KHUTBAH KEDUA :

اَلْحَمْدُ لله الَّذِيْ أَرْسَلَ رَسُوْلَهُ بِالْهُدَى وَدِيْنِ الْحَـقِّ لِيُظْهِرَهُ عَلَى الدِّيْنِ كُلِّهِ وَلَوْ كَرِهَ الْمُشْرِكُوْنَ، أَشْهَدُ أَنْ لاَ إله إِلاَّ الله وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ،

قَالَ الله تَعَالَى: يَاأَيُّهاَ الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّقُوا الله حَقَّ تُقَاتِهِ وَلاَ تَمُوتُنَّ إِلاَّ وَأَنتُم مُّسْلِمُونَ

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ أَجْمَعِيْنَ. أَمَّا بَعْدُ:

Sidang Jumuah yang dirahmati Allah

Keberuntungan atau berkat lainyang akan didapat dari perniagaan dengan Allah yaitu;

وَأُخْرَى تُحِبُّونَهَا نَصْرٌ مِنَ اللَّهِ وَفَتْحٌ قَرِيبٌ وَبَشِّرِ الْمُؤْمِنِينَ

Keberutungan, berkat lain yang kalian harapkan dan cintai wahai orang yang beriman, yaitu pertolongan dari Allah tentang kemenangan dan penaklukan yang mendesak di dunia ini.

Untu itu, bergembiralah bagi orang-orang mu’min yang mau melaksanakan perintah Allah dengan tulus.

Semoga kita diberi hidayah dan kemudahan oleh Allah untuk bisa melaksanakan perintah-Nya dengan tulus dan ikhlas.

إِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ يَآأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

اللهم صَلِّ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا صَلَّيْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ. اللهم بَارِكْ عَلَى مُحَمَّدٍ، وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ، كَمَا بَارَكْتَ عَلَى إِبْرَاهِيْمَ، وَعَلَى آلِ إِبْرَاهِيْمَ، إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

اللهم اغْـفِـرْ لِلْمُسْلِمِيْنَ وَالْمُسْلِمَاتِ، رَبَّنَا ظَلَمْنَا أَنْفُسَنَا وَإِنْ لَمْ تَغْـفِـرْ لَنَا وَتَرْحَمْنَا لَنَكُونَنَّ مِنَ الْخَاسِرِيْنَ، رَبَّنَا آتِنَا فِي الدُّنْيَا حَسَنَةً وَفِي الْآخِرَةِ حَسَنَةً وَقِنَا عَذَابَ النَّارِ. اللهم إِنَّا نَسْأَلُكَ الْهُدَى وَالتُّقَى وَالْعَفَافَ وَالْغِنَى. اللهم إِنَّا نَعُوْذُ بِكَ مِنْ زَوَالِ نِعْمَتِكَ وَتَحَوُّلِ عَافِيَتِكَ وَفُجَاءَةِ نِقْمَتِكَ وَجَمِيْعِ سَخَطِكَ. وَآخِرُ دَعْوَانَا أَنِ الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ. وَصَلى الله عَلَى نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.

Simak penjelasannya lewat Video di bawah ini:

Oleh: Kang Malik AS (#ustManatahan) | Penasehat Yayasan Pendidikan Assya'rauniyah, Pendidikan Misbaahul-Athfal, dan Pemimpin Redaksi sukabumiNews.net.

BACA Juga: Pemred sukabumiNews : Jika Ingin Profesional, Pegang Teguh Kode Etik Wartawan

Red*

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas