Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Saturday, March 14, 2020

Azis Ramdhani

Pemred sukabumiNews : Jika Ingin Profesional, Pegang Teguh Kode Etik Wartawan

sukabumi news
A. Malik AS (kiri) didampingi Sekretaris Kowasi, kang Ape (kanan) saat menjadi pemateri. 
sukabumiNews.net, SUKABUMI – Pemimpin Redaksi (Pemred) sukabumiNews, A. Malik AS mengajak kepada wartawan yang tergabung dalam Komunitas Wartawan Sukabumi (Kowasi) untuk memegang teguh Kode Etik Wartawan Indonesia (Kewi) dalam setiap melaksanakan tugas di lapangan.

Ajakan tersebut disampaikan dia saat menjadi pemateri pada kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek), Jum’at 13 Maret 2020 malam, yang diselenggarakan Kowasi di Hotel Selabintana, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

“Jika wartawan mampu melaksanakan kode etik, yang saya menyebutnya adalah etika sopan santun bagi para wartawan, maka insyaAllah wartawan tersebut akan termasuk wartawan professional,” ujar A Malik AS.  

Kang Malik (sebutan akrab A . Malik AS) menyebut, di Indonesia dikenal luas tiga organisasi wartawan, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Indonesia, dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Reformasi.

Ketiga organisasi profesi ini kata Kang Malik, memiliki sejarah masing-masing.“Pun dalam aplikasinya, masing-masing memiliki standar etik profesi/kode etik yang susunannya berbeda, namun tetap menekankan hal yang sama,” jelasnya.

Pria yang juga tercatat sebagai salah satu pendiri Forum Pimpinan Redaksi Nasional (FPRN) itu juga menambahkan bahwa kendati begitu, ketiga organisasi tersebut secara internal masih tetap menggunakan kode etik masing-masing sebagai standar etik organisasinya.

Yang jelas kata dia, jika semua mampu menjaga dan melaksanakan etika, sopan santun, baik dalam melaksanakan tugas sebagai jurnalis, atau profesi apa pun, semua kendala akan berjadalan dengan baik, dan segala kendala dilapakan akan bisa dihindari.

“Mari kita jaga dan laksanakan etika profesi kita sesuai dengan fitrah dan amanah yang diberikan oleh pasal 28 Undang-Undang Dasar 1945, yaitu kemerdekaan mengeluarkan pikiran dengan lisan dan tulisan dengan baik dan benar, sesuai Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 Tentang Pers,” tutupnya.

Gambar atas: Bupati Sukabumi, H Marwan Hamami (kemeja batik kuning) saat pembukaan acara Bimtek Kowasi. Gambar bawah: Ketua umum Kowasi, Yudi Suyudi (paling kiri) foto bersama anggota peserta bimtek dan Kang Malik. 
Bimtek yang diikuti lebih dari 100 angota Kowasi ini terlaksana atas kerjasama Kowasi dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi.

“Bimtek ini terlaksana atas kerjasama Kowasi dengan Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (DKIP) Kabupaten Sukabumi,” kata Ketua Umum Kowasi Yudi Suyudi kepada wartawan, Sabtu (14/3/2020).

Yudi menjelaskan bahwa kegiatan Bimtek tersebut dilaksanakan selama dua hari, yaitu dari mulai hari Jumat (13/3/2020) samapai dengan Sabtu (14/3/2020).

“Bimtek ini dibuka langsung oleh Buati Sukabumi, H. Marwan Hamami pada Jum’at (13/3/2020) dan ditutup hari ini,” tutur Yudi.

Sementara, kata Yudi, tujuan dilaksanakannya Bimtek adalah untuk meningkatkan kemampuan wartawan, terutama yang tergabung dalam Kowasi.

“Sesuai dengan tema, melalui bimbingan teknis ini semoga para anggota Kowasi menjadi Wartawan Profesional Menuju Sukabumi Maju Bersama Kowasi,” pungkasnya.

BACA Juga: Pemimpin Redaksi sukabumiNews.net Kecam Keras Pengeroyokan Terhadap Wartawan Media Cetak dan Online di Lampura

Pewarta: My Kuncir/Karim R
Editor: Azis R
COPYRIGHT © SUKABUMININEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close