News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Panitia SC Musda XV DPD KNPI Jabar Tahun 2021 Sampaikan 3 Keputusan Hasil Rapat

Panitia SC Musda XV DPD KNPI Jabar Tahun 2021 Sampaikan 3 Keputusan Hasil Rapat

Panitia SC Musda XV DPD KNPI Jabar Tahun 2021 Sampaikan 3 Keputusan Hasil Rapat. (Dok. DPD KNPI Jabar/ sukabumiNews.net) 

sukabumiNews.net, BANDUNG – Panitia Steering Committee (SC) Musyawarah Daerah XV (Musda ke-15) Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021menyampaikan 3 keputusan yang telah ditetapkan oleh panitia SC.

“Tiga keputusan tersebut yaitu, penetapan Bakal Calon Ketua KNPI Jawa Barat, penetapan kepesertaan Musda KNPI Jawa Barat yang ke-15, dan penetapan pengunduran jadwal pelaksanaan Muda KNPI Jawa Barat yang ke-15,” jelas Ketua Panitia SC, Abdul Aziz, di hadapan para Ketua OKP dan para Ketua DPD II se-Jawa Barat dalam keterangan yang disampaikan di Media Center DPD KNPI Propinsi Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Rabu (21/7/2021).

Dalam penyampaiannya Ketua SC didampingi  Sekretaris Panitia SC, Tb Topan Lesmana, dan keenam anggotanya yakni, H. Saaduddin Haidayatulloh, Urik Yanto, Arief Rangga Gumilang, M. Ichzanul Aldi, M. Indra Anwari, dan Choky Sultan Kayo.

“Untuk itu, ketetapan yang pertama, penetapan Bakal Calon akan disampaikan oleh Sekretaris Panitia SC, Tb Topan Lesmana,” tutur Ketua SC sambil mempersilahkan kepada Sekretaris SC untuk menjelaskan hasil rapat selanjutnya.

Melanjutkan apa yang disampaikan Ketua, Sekretaris SC Topan Lesmana membacakan tahapan yang sudah dilalui dalam penjaringan dari mulai pendaftaran Bakal Calon Ketua KNPI Jawa Barat Tahun 2021-2024 sampai dengan penetapan Bakal Calon Ketua yang sudah dilakukan pada tanggal 17 Juli 2021.

Sebagaimana dalam rilis yang diterima sukabumiNews.net, Kamis (22/7/2021), tahapan Penjaringan Bakala Calon DPD KNPI Jawa Barat Tahun 2021-2024 yang sudah dilalui adalah sebagai berikut :

a. Pengambilan Formulir Bakal Calon ketua (25  - 30 Juni 2021)

b. Pengembalian Formulir Bakal Calin ketua (1 – 10 Juli 2021)

c. Pemeriksaan Berkas Bakal Calon Ketua (11 – 12 Juli 2021

d. Pengumuman Hasil Verifikasi bekas Bakal Calon (13 Juli 2021)

e. Perbaikan/melengkapi kekurangan berkas Bakal Calon hasil verifikasi (14-15 Juli 2021)

f. Penelitian ulang berkas Bakal Calon (16 Juli 2021)

g. Penetapan Bakal Calon Ketua DPD KNPI Jawa Barat tahun 2021 (17 Juli 2021)

Pada masa pengambilan Formulir Bakal Calon Ketua, ada 6 (enam) orang yang mengambil Formulir Pendaftaran, yakni :

1. Bung Ceng Farid Robbani

2. Bung Hendra Guntara

3. Bung Vera Hermawan

4. Bung Farda Sanberra

5. Bung Muhammad Lili

6. Bung Rdwansyah Yusuf Achmad

Selanjutnya, kata dia, dari ke enam yang mengambil Formulir Pendaftaran, semuanya mengembalikan formulir pada waktu yang telah ditentukan. Namun, karena pemberlakuan PPKM Darurat se-Jawa Bali dari tanggal 3 s.d. 20 Juli 2021, maka mekanisme pengembalian formulir bakal calon dirubah mekanismenya melalui daring, hanya LO saja yang datang ke Sekretariat Panitia untuk pengembalian formulir, sedangkan pendaftar Bakal Calon mengikuti prosesi melalui Virtual Zoom Meeting, sekaligus menyampaikan Visi dan Misi Kandidat.

“Secara bergiliran, sesuai waktu yang sudah disampaikan kepada semua Pendaftar Bakal Calon, masing-masing pendaftar didampingi tim Sukses dan OKP/DPD Pengusung diberikan kesempatan untuk menyampaikan Visi, Misi dan program unggulan masing-masing,” lanjut Topan

Topan menjelaskan, setelah penerimaan berkas pendaftaran bakalo calon diterima oleh SC Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat, tahapan berikutnya adalah pemeriksaan berkas pencalonan.

“Dari keenam pendaftar, hanya lima pendaftar saja yang melampirkan rekomendasi dukungan pencalonan berupa 3 (tiga) rekomendasi DPD KNPI Kabupaten/Kota dan 6 (enam) rekomendasi OKP Nasional yang berhimpun di KNPI.,” jelas Topan.

Kelima orang tersebut kata Topan adalah, Farda Sanberra, Hendra Guntara, Muhammad Lili, Ridwansyah Yusuf Achmad, dan Vera Hermawan.

“Sedangkan Ceng Farid Robbani, hanya mengembalikan formulir saja tanpa melampirkan rekomendasi dukungan sebagai syarat Bakal Calon Ketua DPD KNPI Jawa Barat tahun 2021-2024,” tuturnya.

Dikatakan Topan bahwa tidak semua rekomendasi yang dilampirkan kelima pendaftar dinyatkan sah, karena merujuk pada Anggaran Rumah Tangga KNPI Pasal 20 ayat (3), DPD KNPI Kab/Kota yang jumlah wilayah administratifnya lebih dari 10 Kab/Kota hanya boleh mengeluarkan 1 (satu) rekomendasi saja, demikian juga dengan OKP Nasional yang berhimpun di KNPI hanya boleh mengeluarkan 1 rekomenasi saja, dan jika rekomendasi yang dikeluarkan lebih dari 1 (satu) maka dinyatakan gugur.

Lebih lanjut topan mengatakan bahwa pda masa perbaikan berkas pendaftar Bakal Calon, diberikan kesempatan kepada semua pendaftar untuk melakukan perbaikan dan menambah kekurangan berkas.

“Pada masa pengembalian berkas perbaikan, hanya 4 (empat) pendaftar yang melakukan perbaikan berkas, yaitu Farda Sanberra, Hendra Guntara, Muhammad Lili, dan Ridwansyah Yusuf Achmad,” bebernya.

Topan juga menjelaskan bahwa berkas perbaikan yang dimasukan pendaftar kemudian diverifikasi ulang, dan hasil dari perbaikan berkas yang dilakukan, hanya 3 (tiga) orang yang memenuhi syarat pendaftaran Balal Ketua DPD KNPI Jawa Barat, yaitu :

1. Farda Sanberra dengan rekomndasi dari

            1) DPD KNPI Kab. Cirebon

            2) DPD KNPI Kab. Sumedang

            3) DPD KNPI Kab. Bandung Barat

            4) Baladhika Karya

            5) Wirakarya Indonesia

            6) Fokusmaker

            7) Gema Mathlaul Anwar

            8) HIMA PERSIS

            9) GPII

            10) BM PAN

            11) Pemuda LIRA

            12) GMKI

            13) GAMKI

            14) Isarah

            15) Pemuda PUI

2. Hendra Guntara dengan rekomendasi dari :

            1) DPD KNPI Kota Bandung

            2) DPD KNPI Kab. Tasikmalayah

            3) DPD KNPI Kab. Purwakarta

            4) DPD KNPI Kota Cimahi

            5) Srikandi Pemuda Pancasila

            6) GP Ansor

            7) IPNU

            8) IPPNU

            9) FKGMNU

            10) BKPRMI

            11) Korp PMII Putri

            12) GMII

            13) KNPD

            14) Gema Kosgoro

3. Ridwansyah Yusuf Achmad

            1) DPD KNPI Kab. Kuningan

            2) DPD KNPI Kab. Sukabumi

            3) DPD KNPI Kab. Cianjur

            4) DPD KNPI Kab. Bogor

            5) DPD KNPI Kab. Karawang

            6) DPD KNPI Kota Cirebon

            7) Sapma Pemuda Pancasila

            8) AMPI

            9) Himakos 1957

            10) BMK 1957

            11) Gema Keadilan

            12) AMSI

            13) Pemuda Muhammadiyah

            14) Pemuda Katholik

            15) IPM

            16) SATRIA

            17) GMPI

            18) GPN

            19) GPA

            20) IPPA

            21) GMD

            22) Pemuda Tani Indonesia

            23) GAPURA

            24) AMTI

            25) Persaudaraan PENA

            26) IPA

            27) APA

            28) GEMA HANURA

Ketiga Pendaftar yang memenuhi syarat pendaftaran Bakal Calon Ketua KNPI Jawa Barat tersebut dinyatakan lolos sebagai Bakal Calon Ketua DPD KNPI Jawa Barat yang akan berkontestasi dalam perhelatan Musyawarah Daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021.

Terkait kepesertaan Musyawarah Daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021, Steering Committee Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat telah melakukan verifikasi kepesertaan dengan dasar dokumen :

1. Hasil Rapimda Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2017

2. Hasil Musyawarah Daerah XIV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2017

3. Hasil Rapimda Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2020

4. Berkas Verifikasi OKP Tingkat Jawa Barat yang dilaksanakan pada tanggal 7-9 April 2021

Dari dokumen yang dibedah oleh SC, 124 OKP yang menjadi peserta Musda XIV

1) OKP Peserta Musda XIV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2017 sebanyak 124 OKP dinyatakan memiliki hak kepesertaan penuh pada Musyawarah Daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021, namun bagi yang belum menyerahkan SK Kepengerusan yang masih berlaku atau terbaru diharuskan untuk segera memnuhinya.

2) OKP Peninjau Musda XIV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2017 yang telah dinyatakan Peserta Musda pada Rapimda Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2020, harus diverifikasi ulang persyaratannya sebagai anggota yang berhimpun dalam wadah KNPI

3) OKP baru yang berhimpun di KNPI Jawa Barat, bagi OKP Nasional Peserta Kongres Pemuda/KNPI tahun 2018 langsung menjadi Peninjau pada Musda XV dan OKP Lokal harus memenuhi syarat sesuai yang tertera dalam AD/ART KNPI.

4) DPD KNPI Kabupaten/Kota yang tidak melaksanakan Musyawarah Daerah padahal SK Kepengurusannya sudah berakhir, maka statusnya diturunkan menjadi Peninjau.

Selanjutnya terkait rencana pelaksanaan Musyawarah Daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021 yang awalnya akan dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juli 2021 di Hotel Harmony Garut, dikarenakan diberlakukannya PPKM Darurat se-Jawa Bali pada tanggal 3-20 Juli 2021, Panitia Musda XV telah mengirimkan permohonan izin kepada Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Provinsi Jawa Barat. Dengan berbagai pertimbangan :

a. Surat balasan Panitia Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat perihal Permohonan Izin Musda XV Pemuda/KNPI Jabar tahun 2021 dari Badan Satuan Polisi Pamong Praja Jawa Barat No. 1914/HM.03.04/Sekretariat tanggal 8 Juli 2021 perihal Pelaksanaan Musda, yang menghimbau penundaan Pelaksanaan Musda XV Pemuda/KNPI Jabar Tahun 2021;

b. Rapat Koordinasi Virtual antara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Jawa Barat, Badan Satpol PP Jawa Barat, DPD KNPI Jawa Barat, Bupati Garut, Sekda Garut, Kadispora Garut, Ketua KNPI Garut, SC dan OC Musda XV Pemuda Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021 pada hari Selasa, 6 Juli 2021;

c. Rapat Koordinasi Virtual antara Pimpinan DPD KNPI Jawa Barat, Ketua MPI Jawa Barat, Panitia Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021, Panitia Lokal Garut Musda XV, Para Pendaftar Bakal Calon Ketua DPD KNPI Jawa Barat Tahun 2021 pada hari Kamis, 15 Juli 2021;

d. Koordinasi Panitia Musda XV Pemuda/KNPi Jawa Barat dengan DPP KNPI

e. Keputusan Menteri Presiden RI tentang perpanjangan PPKM Darurat sampai dengan 25 Juli 2021 dan akan dilakukan pembukaan bertahap mulai tanggal 26 Juli 2021.

f. Instruksi Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2021 Tanggal 20 Juli 2021.

g. Kesanggupan Bupati Garut untuk menjadi Tuan Rumah Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021, setelah tanggal 8 Agustus 2021.

Maka pelaksanaan Musyawarah Daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021 yang sedianya dilaksanakan pada tanggal 23-25 Juli 2021 di Hotel Harmony Garut, DITUNDA sampai dengan berakhirnya perpanjangan PPKM Darurat dan hasil Evaluasi oleh Pemerintah Pusat.

Selanjutnya SC Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021 sudah merancang perubahan tanggal pelaksanaan Musda pada tanggal 12-14 Agustus 2021 dengan rasionalisasi yang disebutkan di atas.

“Demikian tahapan-tahapan yang sudah dilaksanakan SC Musda XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021 terkait Penjaringan Bakal Calon, Verifikasi Kepesertaan Musda XV dan Perubahan waktu pelaksanaan Musyarawah Daerah XV Pemuda/KNPI Jawa Barat Tahun 2021 untuk diketahui Bersama, baik oleh Peserta dan Peninjau MUSDA XV, Bakal Calon Ketua DPD KNPI Jawa Barat, MPI, DPP KNPI, Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan pihak-pihak lain yang terkait,” pungkas  Tb Topan Lesmana.

Pewarta: Novi Gumilar
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas