News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Kecewa! BKPH Gunungkencana Tak Realisasikan Janji Bagi Hasil, Warga Lakukan Ini

Kecewa! BKPH Gunungkencana Tak Realisasikan Janji Bagi Hasil, Warga Lakukan Ini

sukabumiNews.net, LEBAK (BANTEN) – Warga di sekitar Perum Perhutani, Bagian Kesatuan Pengelolaan Hutan (BKPH) Gunungkencana Kecamatan Gunungkncana Kabupaten Lebak Propinsi Banten merasa kecewa dengan pihak perusahaan yang berjanji akan memberikan bagi hasil atas kayu yang ditanamnya, namun tidak juga direalisasikan.

Kekecewaan tersebut diungkapkan sejumlah warga sekitar saat mereka sedang berdiskusi terkait permasalahan yang dirasakannya saat ini.

Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya menuturkan bahwa masyarakat setempat tidak pernah merasakan bagian hasil kayu itu dari pihak perhutani.

Padahal kata dia, pihak perhutani pernah berjanji akan mensejahterakan warga, utamanya para penggarap. “Kalau janji manis dari pihak perhutani ya sangat enak di dengar, tapi keyataanya nol,” ucap warga kepada sukabumiNews, belum lama ini.

“Adapaun mengenai kebutuhan warga untuk mendapatkan kayu seperti untuk bahan-bahan bagi pemembuatan pos ronda, paling jika berani dengan mencuri,” tuturnya, polos.

Padahal kata dia, jika pihak perhutani terbuka dan tranparan melakukan kerjasama yang baik dengan kami (warga), yakin warga pun gak bakalan mencuri.

Dia juga mengungkapkan bahwa pihak perhutani memang pernah menyuruh warga untuk mengumpulkan KTP dan KK  agar warga bisa mendapatkan bagian dengan jelas.

“Adapaun bagiannya nanti yaitu untuk warga 70 persen, desa 5 persen, dan untuk perhutani 25 persen,” jelasnya.

Meski tutur dia, semua itu ada haknya, seperti yang pernah diucapkan perhutani, namun semua itu bohong belaka.

“Contohnya, saat wasarakat menanam pohon mahoni dan merawatnya sampai besar kita tidak diupahin. Pihak perhutani malah ngomong, nanti ada hakya tinggal minta saja. Tapi saat ditebang dan warga meminta untuk sekedar membetulkan rumah yang mau roboh, tidak ada perhatiannya sama sekali, maka wajar jika mereka mencuri,” tandasnya, penuh kecewa.

Warga berharap, pihak perhutani bisa memahami kekecewaan mereka. Mereka juga meminta agar perhutani memenuhi janji-janji yang pernah didengarnya.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait kekecewaan warga tersebut, sukabumiNews mencoba untuk menghubungi pihak perhutani setempat. Akan tetapi hingga berita ini dipublikasikan, masih belum ada jawababan dari pihak perhutani.

BACA Juga: Berusaha Wujudkan Impian Warga, Kades Cilograng akan Ajukan Proposal Langsung kepada Menteri Desa PDTT

Jahrudin Albantani
Editor: Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas