News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Dua Siswa SMPN 11 Kota Sukabumi Berhasil Jadi Juara dalam Lomba PS3

Dua Siswa SMPN 11 Kota Sukabumi Berhasil Jadi Juara dalam Lomba PS3

Staf Guru Kesiswaan, Andhika Nugraha (kiri) bersama Juara 1 Lomba PS3 Tingkat Kota Sukabumi tahun 2021, Bili Basalamah Ibrahim (kanan) menunjukkan piala kejuaraan yang diperolehnya. 

sukabumiNews.net, KOTA SUKABUMI – Dua Siswa dan Siswi SMP Negeri 11 Kota Sukabumi berhasil menjadi Juara 1 dan 2 lomba Pasanggiri Soal Sunda Singget (PS3) yang digelar Dinas Pendidikan Kota Sukabumi, bekerja sama dengan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Bahasa Sunda pada Februari 2021 lalu.

Kepala Sekolah SMPN 11 Kota Sukabumi Hema Hujaemah, M.Pd. melaui Staf kesiswaan Andhika Nugraha, M.Pd., mengatakan, SMPN 11 mengikut sertakan sebanyak 6 orang siswa dan 1 orang guru mulai dari berbagai tingkatan, yakni dari kelas 7,8 dan 9.

"Alhamdulilah dari ke 6 peserta SMPN 11 ini dapat meraih juara 1 dari tingkat 9 diraih siswa bernama Bili, dan untuk juara 2 di tingkat kelas 8 diraih siswi atas nama  yolanda, untuk tingkat kota ,melalui perlombaan Pasanggiri atau singget sunda atau di singkat dengan PS3," ujarnya kepada SukabumiNews, di sekolahnya, Rabu (2/6/2021).

Dijelaskan Andhika, Lomba Singget Sunda Pasang (PS3) digelar secara online melalui media aplikasi Khoot dan Zoom, dan diikuti sekolah baik tingkat sekolah dasar, menengah pertama dan menengah atas.

Sedangkan kata Andhika, untuk guru, SMPN 11 mengikuti lomba menulis cerita pendek atau dalam bahasa sunda disebut dengan istilah carpon yang berbentuk soal wawasan tentang kesundaan, dongeng, sajak dan warta, yang semuanya dalam bentuk bahasa sunda.

"Ini adalah salah satu upaya untuk mempertahankan atau ngamumule membiasakan kita menggunakan bahasa sunda. Yang jelas harus bisa mempertahankan apa yang sudah diraih sekarang. Bahkan kami berharap ke depannya, juara 2 bisa menjadi juara 1," katanya.

Melalui wadah ini Andhika berharap agar bisa membiasakan diri menggunakan bahasa sunda. “Kudu mikareueus sarta tiasa ngamumule budaya bahasa sunda di kehidupan kita sebagai orang sunda," tutupnya.

BACA Juga: Dengan Menggunakan e-Book, SMPN 11 Kota Sukabumi Gelar Sanlat Daring

Herher
Editor: Red
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas