News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

FKIP UNPAK Gelar Pilmapres, Dewan Juri Tetapkan Siti Aqilah Sebagai Pemenang

FKIP UNPAK Gelar Pilmapres, Dewan Juri Tetapkan Siti Aqilah Sebagai Pemenang

Pemenang Pilmapres tingkat FKIP, Siti Aqilah dari Program Studi Pendidikan IPA (kanan) menerima penghargaan dari Fakultas. (Ist) 

sukabumiNews, BOGOR – Fakultas Kegurun dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Pakuan (UNPAK) Bogor melaksanakan seleksi pemilihan mahasiswa berprestasi (Pilmapres) Tahun 2021. Proses seleksi dilaksanakan secara berjenjang, dimulai dari seleksi tingkat program studi lalu seleksi tingkat fakultas.

Seleksi tingkat program studi dilaksanakan pada tanggal 3-6 Mei 2021 yang menghasilkan 1 (satu) mahasiswa terbaik di setiap program studi.

Program studi yang terdapat di FKIP UNPAK diantaranya pendidikan bahasa Inggris, pendidikan bahasa dan sastra Indonesia, pendidikan biologi, pendidikan guru sekolah dasar, dan pendidikan ilmu pengetahuan alam.

Setelah melewati seleksi tingkat program studi, para mahasiswa terbaik tersebut mendaftar untuk mengikuti seleksi di tingkat fakultas. Pendaftarn dan seleksi administrasi tingkat fakultas dilaksanakan pada tanggal 7 Mei 2021.

Ketua pelaksana seleksi, Lufty, dalam rilis yang diterima sukabumiNews, Senin (10/5/2021) menyampaikan, berdasarkan hasil seleksi administrasi, semua perwakilan mahasiswa dari setiap program studi dinyatakan lolos dan berhak mengikuti seleksi di tingkat fakultas yang dilaksanakan pada tanggal 8 Mei 2021.

Lufty mengatakan, pelaksanaan seleksi di tingkat fakultas dilaksanakan secara blended (perpaduan antara daring dan luring). “Proses seleksi diawali dengan acara pembukaan yang dihadiri oleh 5 (lima) orang mahasiswa berprestasi tingkat program studi, Dekan FKIP, Wakil Dekan 1, Wakil Dekan 2, Asisten Wakil Dekan 1 bidang Kemahasiswaan serta para dewan juri,” terang Lufti

Dikatakan Lufty bahwa pelaksanaan seleksi kali ini dilaksanakan secara blended, di mana setiap mahasiswa harus melewati 3 tahap seleksi yaitu seleksi poster dan gagasan kreatif, capaian unggulan dan kemampuan berbahasa Inggris.

Hadir dalam pilmapres ini, Dekan FKIP Dr. Entis Sutisna, M.Pd., yang secara resmi memberikan arahan dan membuka kegiatan Pilmapres.

Dalam arahannya Entis Sutisna menyampaikan bahwa dalam era persaingan bebas seperti saat ini mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dituntut memiliki hardskill dan softskill. Tetapi lanjut dia, tak banyak yang dapat menyeimbangkan kedua kemampuan skill ini.

“Seringkali mahasiswa FKIP hanya menekuni bidang ilmunya atau hardskill saja sementara softskill-nya terabaikan. Karenanya, diperlukan ajang kompetisi antar mahasiswa untuk dapat terus mengasah daya pikir dan kemampuan mereka yang diberi nama dengan Pilmapres,” terang Dr. Entis.

Selanjutnya, proses seleksi dilaksanakan dengan melibatkan dewan juri yang sesuai dengan bidangnya. Diantanya yaitu Suhendra, M.Pd dan Yudhie Suchyadi, M.Pd., selaku tim juri poster dan gagasan kreatif. Adapun tim juri capaian unggulan oleh Fitri Siti Sundari, M.Pd, Annisa Nurramadhani, M.Pd., dan tim juri kemampuan berbahasa Inggris oleh Poppy Sophia Hidayati, Meilisha, M, Si.

Dalam pelaksanaan seleksi ini dewan juri menilai secara langsung (luring) para peserta yang hadir di FKIP, dan ada 1 mahasiswa yang mengikuti seleksi ini secara daring.

Berdasarkan hasil penilaian dan rapat penentuan pemenang, para dewan juri telah menetapkan 1 (satu) orang pemenang, yaitu Siti Aqilah dari Program Studi Pendidikan IPA dengan nilai 82,6.

Penyampaian pemenang Pilmapres tingkat FKIP disampaikan secara langsung pada saat acara penutupan oleh Wakil Dekan 1 Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Sandi Budiana, M.Pd.

Pewarta: Pauzi M
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas