News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Guna Pengembangan Unit Usaha Batik Tulis, BKM Desa Pasirhalang Kunjungi IBB di Bandung

Guna Pengembangan Unit Usaha Batik Tulis, BKM Desa Pasirhalang Kunjungi IBB di Bandung

Kades Pasirhalang, RM Yusup Poernama bersama pengrajin batik di desanya mengunjungi Imah Batik Bandung (IBB), Sabtu (20/3/2021). 

SUKABUMINEWS, BANDUNG – Badan Keswadayaan masyarakat (BKM) "Bersama Kita Maju" Desa Pasirhalang Kecamatan Sukaraja Kabupaten Sukabumi melakukan kunjungan ke Imah Batik Bandung (IBB) di Jalan Raya Lembang Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat pada Sabtu (20/3/2021).

Kades Pasirhalang RM Yusup Poernam kepada sukabumiNews mengatakan, kunjungan yang diikuti oleh puluhan pengrajin ke Kota Kembang ini bertujuan untuk melakukan studi banding dalam rangka menambah wawasan dan pengetahuan tentang tatacara proses dan teknis membatik yang lebih baik.

“Kunjungan ini dalam upaya untuk meningkatkan kreativitas para pengrajin batik yang telah dibina oleh  BKM Pasirhalang kearah yang lebih baik. Mudah-mudahan setelah studi banding ini para pengrajin batik di Desa Pasirhalang bisa meningkatkan kreativitas batiknya di Kabupaten Sukabumi, khusus Pasirhalang," ucap Kades, Ahad (21/3/2021).

Kades Pasirhalang saat diwawancarai sukabumiNews. 

Selain itu kata Yusuf, dengan adanya studi banding ini para pengrajin bisa mengetahui langsung bagaimana praktek pembuatan batik yang baik, mulai dari proses awal hingga akhir.

"Mereka (para pengrajin) akan diajarkan untuk mempraktekkan membatik. Mulai dari batik tulis, batik cap dan batik modern. Di IBB ini ada berbagai macam motif batik yang bisa dilihat. Ada batik tulis klasik, batik tulis modern, batik cap, dan batik semi tulis,” jelasnya.

Menurut, Yusuf, Kegiatan seperti ini tentunya sangat bagus bagi perkembangan suatu kebutuhan yang diharapkan sebagaimana mestinya.

"Kami berharap, dengan kegiatan studi banding yang dilaksanakan  BKM Bersama Kita Maju Desa Pasirhalang dapat menambah wawasan kepada para pengrajin batik sesuai dengan yang disampaikan Presiden, bahwa batik merupakan warisan budaya yang harus lestari," pungkasnya.


Dalam kesempatan itu, Kades Pasirhalang juga memcoba mempraktikkan sendiri cara membatik yang baik.

Pewarta: Prim RK
Editor: AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2021

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas