Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Saturday, October 31, 2020

Redaksi sukabumiNews

Umrah Kembali Dibuka, Jemaah Indonesia Boleh Berangkat Per 1 November? Ini Penjelasan Kemenag

Foto: Umat Muslim mengelilingi Ka'bah, saat menjalani ibadah Umrah, di kota suci Muslim di Mekah, Arab Saudi. (AP/Amr Nabil)  

sukabumiNews.net, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi akan kembali membuka layanan umrah untuk jemaah dari luar negeri pada 1 November 2020.

 

Walau kasus positif corona di tanah air masih belum turun, Kementerian Agama memastikan Indonesia masuk dalam daftar negara yang diizinkan.

 

Tapi ada syarat protokol kesehatan ketat bagi para calon jemaah umrah, yang tengah disiapkan.

 

Setelah kerinduan menginjak tanah suci harus tertahan pandemi, Arab Saudi kembali membuka pintu umrah mulai 1 November 2020, bagi para jemaah dari luar negeri.

 

Kementerian Agama memastikan Indonesia masuk dalam daftar negara yang diizinkan mengirimkan jemaah meski dengan syarat penyaringan dan protokol kesehatan yang ketat.

 

Dikutip dari berita Kompas.TV, Kementerian Kesehatan akan merilis negara mana yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi sejauh ini yang diperbolehkan masuk ke Arab Saudi selain 3 negara sesuai dengan pengumuman general agar efisien yaitu India, Brazil dan Argentina karena dianggap penanganan covid-19 di negara tersebut dianggap tidak berhasil Indonesia masih diperbolehkan jadi insya allah tanggal 1 November sudah pisah persiapan

 

Kementerian Agama pun kini tengah menggodok peraturan tentang protokol kesehatan perjalanan umrah, sambil menanti Menteri Agama Fachrul Razi, yang baru dinyatakan negatif covid-19, benar-benar pulih untuk menandatanganinya.

 

Meski demikian, kebijakan pembukaan umrah 1 November mendatang, juga disertai catatan. Penanganan covid-19 di Arab Saudi, dan Indonesia harus terkendali.

 

Pemerintah harus mampu menyiapkan secara optimal syarat protokol kesehatan yang ketat bagi para calon jemaah umrah.

 

Menurut data dari Kementerian Agaman soal Haji dan Umrah Arab Saudi, sebelum pandemi corona, Indonesia menjadi negara kedua terbesar di dunia yang mengirimkan jemaah umrah ke tanah suci di bawah Pakistan.

 

Simak dilaog selengkapnya bersama Kasubdit Perijinan, Akreditasi dan Bina Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah Kementerian Agama Ali Zakiyudin.


BACA Juga: Alhamdulillah, 21.418 Calon Jemaah Umrah Indonesia Penuhi Syarat dari Arab Saudi

 

Editor: Red

Sumber: Kompas.TV

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close