Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Thursday, October 15, 2020

Red1

Pjs Bupati Sukabumi Ajak Masyarakat Menjaga dan Merawat Kawasan Objek Wisata dan Cagar Alam Geopark Ciletuh

Pjs Bupati Sukabumi, R Gani Muhammad. (Foto: Azis R/sukabumiNews)  

sukabumNews.net, KABUPATEN SUKABUMIAktivitas penambangan batu pecah oleh warga di kawasan objek wisata dan Cagar Alam Nasional Geopark Ciletuh Palabuhanratu, tepatnya yang beroperasi di bantaran Sungai Leuwi Kenit Desa Kadaleman Kecamatan Surade Kabupaten Sukabumi, diduga tidak menagantongi izin.

 

Mengenai hal tersebut Pjs Bupati Sukabumi R Gani Muhammad saat dimintai tanggapannya oleh sukabumiNews mengatakan, jika menang tidak mempunyai izin (illegal), maka aktivitas tambangnya harus ditertibkan.

 

“Apalagi kawasan tersebut termasuk dalam kawasan Wisata Cagar Alam Geopark Ciletuh, yang terlah dilindungi oleh negara,” jelas R Gani kepada sukabumiNews, usai melakukan mediasi dengan perwakilan serikat buruh yang telah melaksanakan aksi demontrasi menolak UU Ciptaker di Gedung Pendopo Kabupaten Sukabumi, Rabu (14/10/2020).


BACA Juga: 428 Anggota Polres Sukabumi Diterjunkan Guna Mengamankan Aksi Massa KMPS Menolak Omnibus Law


Namun, kata R Gani, tidak serta merta kita bisa menghentikan aktivitasnya sebelum memberikan peringatan terlebih dahulu kepada pelaku atau pengusaha tambang yang dianggap tidak mempunyai izin tersebut.

 

“Tetapi jika setelah diberi peringatan, kemuadian mereka masih melakukan aktivitas penggalian, tentunya ada sanksi pidana sesuai dengan ketentuan perundang-undangan,” jelas R Gani.

 

Untuk itu terang R Gani, ia sudah memberikan perintah kepada Camat Surade beserta jajarannya untuk segera menertibkan aktivitas tambang tersebut, dan itu sudah dilakukan.

 

“Kita melakukan hal ini karena kita juga melindungi alam dan melindungi cagar budaya geopark yang sudah diakui oleh dunia harus kita jaga kelestariannya sebagai aset kabupaten Sukabumi yang tidak dimiliki oleh daerah lain bahkan oleh negara lain sekalipun,” akunya.

 

Menyangenai persoalan ini Pjs Bupati Sukabumi mengajak kepada masyarakat untuk bisa mencintai keagungan kekuasaan Allah yang diberikan kepada Kabupaten Sukabumi melalui keindahan alam objek wisata dan Cagar Alam Nasional Geopark Ciletuh

 

“Ini harus kita jaga lantaran ini merupakan aset yang berharga dan bernilai. Jangan hanya karena kepentingan segelintir orang untuk mencari uang dari situ, tapi mengorbankan lingkungan, sehingga generasi yang akan datang tidak dapat menikmati hasilnya," pungkas R Gani Muhammad.


BACA Juga: Ancam Kelestarian Zona Geopark Ciletuh, Aktivitas Tambang Batu Sungai di Leuwi Kenit Surade Ditutup

 

Pewarta : My Kuncir

Editor : Red*/Azis R

COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close