-->

Iklan

Pengajuan Bantuan Belum Direspons, Rumah yang Dihuni Pasutri Lanjut Usia Ini Sudah Ambruk Duluan

Azis Ramdhani
, August 31, 2020 WIB
Adni, pemilik Rutilahu yang roboh

sukabumiNews.net, NAGRAK – Sebuah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) yang berlokasi Kampung Cimande Hilir, Rt 04, RW 07, Desa Kalaparea, Kecamatan Nagrak Kabupaten Sukabumi ambruk secara tiba-tiba.

Akibat insiden ini, penghuni RTLH yang diketahui merupakan pasangan suami istri (pasutri) berusia lanjut bernama Hapi (71) dan Adni (65) nyaris tertimpa reruntuhan.

Petugas Penanggulangan Bencana Kecamatan (P2BK) Nagrak, Miki mengatakan, peristiwa tersebut terjadi sekitar pukul 11:00 WIB. Adapun penyebabnya karena rumah tersebut sudah cukup tua. Tiang-tiang penyangganya pun sudah banyak yang keropos.

"Ya memang rumah tersebut sudah tua, tampilan fisiknya pun sudah cukup mengkhawatirkan," ujar Miki kepada sukabumiNews melalui WhatsApp, Senin (31/8/2020).

BACA Juga: Dua Bangunan Rumah Milik Warga Kp Rawasalak Ambruk Tertimpa Longsor

BACA Juga: Atap Bangunan SDN Cijoho Tegal Buled Ambruk

Miki menjelaskan, rumah tersebut sebetulnya sudah terdaftar sebagai penerima bantuan program ruang tidak layak huni (RTLH). Namun, belum sempat terealisasi rumahnya sudah terlanjur ambruk.

"Katanya sudah terdata tapi belum sempat dibangun sudah keburu ambruk. Pada saat ambruk, penghuni bisa menyelamatkan diri bergegas keluar rumah. Hal ini sudah kita laporkan kepada Dinas Sosial, BPBD dan Desa Kalaparea untuk ditindaklanjuti," singkatnya.

Sementara, Adni mengaku sudah merasakan tanda-tanda bakal ambruknya rumah itu. Sebelum ambruk, Ia mendengar suara retakan yang cukup keras.

"Sekitar jam 02:00 WIB sudah mulai terdengar suara retakan. Tapi saya tidak menyangka bakal ambruk sekarang," ujarnya.

Dikatakan Adni, ia bersama suaminya bisa selamat dari peristiwa tersebut karena sengaja keluar rumah lantaran khawatir dengan suara retakan. Sebelum rumahnya ambruk, ia bersama suaminya sempat berusaha memperbaikinya.

"Saya keluar sama suami karena mau pasang ganjel karena kelihatannya tiangnya mau runtuh. Tapi pas mau di ganjel (ditopang), eh rumahnya malah roboh,” pungkasnya.

BACA Juga: Sebuah Rumah Ambruk Diterjang Hujuan Deras dan Angin Topan

BACA Juga: Dua Rumah Warga Kelurahan Sriwedari Hampir Roboh Tergerus Air Sungai Cibandung

Pewarta : Azis Ramdhani
Editor : AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+