Iklan

Dua Rumah Warga Kelurahan Sriwedari Hampir Roboh Tergerus Air Sungai Cibandung

Azis Ramdhani
, June 09, 2020 WIB
sukabumiNews.net, GUNUNGPUYUH – Dua rumah warga yang berdiri di bantaran Sungai Cibandung, Kelurahan Sriwedari, Kecamatan Gunungpuyuh, Kota Sukabumi rusak dan terancam tergerus longsor akibat luapan air Sungai Cibandung.

Meluapnya air Sungai Cibandung ini terjadi lantaran dipicu oleh hujan deras yang mengguyur wilayah tersebut sejak Senin, 8 Juni 2020, petang.

Kasi pencegahan dan Kesiapsiagan BPBD Kota Sukabumi, Zulkarnain Barhami mengatakan, kerusakan pertama menimpa rumah Cicah di RT 02/RW 04, Kelurahan setempat pada Senin (8/6/2020) sekitar pukul 19:30 WIB. Sebagian ruimah Cicah rusak akibat tertimpa talud yang longsor karena tergerus luapan air sungai Cibandung.

"Menurut pengakuan dari ketua RW setempat peristiwa terjadi seusai hujan deras yang terjadi sejak Senin petang, akibat taludnya roboh hingga terdengar suara gemuruh cukup kencang," kata Zulkarnain kepada sukabumiNews, Selasa (9/6/2020).

Zulkarnain menjelaskan, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, karena rumah tersebut merupakan rumah kontrakan yang masih belum ada penghuninya. Untuk sementara tempat tersebut ditutup karena masih berpotensi terjadinya bencana susulan.

"Lokasinya masih berbahaya, untuk sementara lokasi sudah pasangi garis polisi agar tidak ada yang mendekat," tambahnya.

Tak lama berselang, sambung Zulkarnain, peristiwa kedua menimpa rumah Asep Mulyadi di Kampung Skip RT 02/RW 09. Penyebabnya kata Zulkarnain, masih dipicu oleh luapan aliran sungai Cibandung, namun untuk peristiwa yang menimpa rumah Mulyadi, pondasi rumahnya terkikir hingga bergeser lantaran berbatasan dengan sungai.

"Akibat pergeseran itu, dinding rumah korban retak-retak. Bahkan ada sebagian yang ambruk, kondisi pascaambruk menyebabkan jarak antara tanah dan bangunan (menggantung)," ucapnya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan tim aksi PRB BPBD peristiwa ini terjadi selain diakibatkan oleh hujan yang terus menerus mengguyur, juga karena lokasi bangunan berdiri tepat di atas bantaran aliran anak sungai Cibandung, yang bila hujan melanda akan berisiko terjadinya longsoran.

Dengan begitu, kata Zulkarnain secara teknis struktural dudukan bangunan rumah tidak memadai dibanding beban yang ada.

"Tim PRB sudah melakukan tindakan penyelamatan dengan memindahkan seluruh penghuni rumah yang berjumlah tiga orang ke rumah saudaranya terdekat," pungkasnya.

Pewarta : Hendra Sopyan
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Komentar

Tampilkan

No comments:

Post a Comment

Terkini

khazanah

+