News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

250 Kelompok Tani di Wilayah VI Jampang Kulon Lakukan Gerakan Taman Pajale

250 Kelompok Tani di Wilayah VI Jampang Kulon Lakukan Gerakan Taman Pajale

Sawah
Penanaman Kadelai bersama Kelompok Mekar Desa Karangmekar Kecamatan Cimanggu Kabupaten Sukabumi.

sukabumiNews.net, PAJAMPANGAN – Sebanyak 250 Kelompok tani di Wilayah VI Jampang Kulon melakukan gerakan tanam Padi, Jagung, dan Kedelai (Pajale) di area pertanian seluas 7000 hektar.

“Adapun 7000 hektar area pertanian tersebut tersebar di 8 Kecamatan, yakni Kecamatan Jampangkulon, Kecamata Waluran, Kecamatan Ciemas, KecamatanCiracap, Kecamatan Tegalbuleud, Kecamatan Cimanggu, Kecamatan Kalibunder dan Kecamatan Cibitung," terang Kepala UPTD Pertanian Wilayah VI Jampang Kulon Yaya Kuswaya kepada SukabumiNews, Kamis (6/8/2020).

Dikatakan Yaya, gerakan tanam pajale yang dilaksanakan kelompok tani ini merupakan salah satu wujud nyata dari program yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian RI beberapa waktu lalu.

Yaya menuturkan gerakan ini diikuti oleh kelompok Mekar Desa Karangmekar, Kecamatan Cimanggu, Kabupaten Sukabumi, di inisiasi oleh UPTD Wil VI Jampang Kulon dengan menanam kedelai.

"Tujuan menanam pajale ini untuk meningkat pendapa para petani agar lebih sejahtra, sewasembada kedelai agar tidak terus menerus kedelai diimpor dari luar negeri yakni Amerika dan nerada lainnya," ujar Yaya Kuswaya.

Tujuannya, kata Yaya agar para petani sawah membiasakan diri secara mandiri untuk menanam kacang kedelai setalah pasca panen padi.

Turut hadir dalam gerakan tanam kedelai ini Kepala UPTD Wil VI Jampang Kulon, Ketua Kelompok Mekar dan anggota Desa Karangmekar, Kepala BPP Kecamatan, Cimanggu dan Penyuluh Pertanian lapangan.


Pewarta : My Kuncir
Editor : Azis R/Red*
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Berlangganan Artikel/Berita terbaru dari sukabumiNews.

Post a Comment

Komentari