Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Wednesday, July 22, 2020

Redaksi sukabumiNews

Para pemimpin Muslim Puji Keputusan Turki terkait Masjid Hagia Sophia

Masjid Hagia Sophia. (Foto : search Google)

sukabumiNews.net, ANKARA – Para pemimpin komunitas Muslim dari seluruh dunia menyambut baik keputusan Turki untuk mengembalikan ikon Istanbul, Hagia Sophia, menjadi masjid, dan mengucapkan selamat kepada Presiden Recep Tayyip Erdoğan atas langkah tersebut.

Melalui surat dan telepon ke Ali Erbaş, kepala Kepresidenan Urusan Agama Turki (Diyanet), para pemimpin berterima kasih kepada Presiden Erdogan dan memuji pembukaan kembali Hagia Sophia sebagai masjid, sebagaimana Daily Sabah.

Dalam sebuah panggilan telepon pada Ahad (19/7/2020) lalu Allahshukur Pashazadeh, ketua Dewan Agama Kaukasus, memberikan ucapakan selamat kepada Erbaş atas langlah Turki.

Sepucuk surat juga datang dari Rateb Jneid, kepala Federasi Dewan Islam Australia, menyampaikan dukungannya untuk keputusan tersebut.

BACA Juga : Hagia Sophia Adalah Medan Pertempuran Politik Terbaru Erdogan

Dalam sebuah surat atas nama Dewan Komunitas Agama Muslim Lithuania, Mufti Aleksandras Beganskas Lithuania mengatakan: “Kami percaya bahwa masjid yang diberkati ini, yang merupakan simbol taudih, akan merangkul semua umat manusia tanpa memandang agama, bahasa, ras dan sekte di bawahnya,” katanya.

Langkah Erdogan untuk membuka Situs Warisan Dunia UNESCO untuk tempat ibadah juga merupakan tanda pembebasan Masjid Al-Aqsa Yerusalem dari penjajahan, bunyi sepucuk surat dari Asosiasi Cendekiawan Palestina di Luar Negeri.

Dalam suratnya, Asosiasi Cendekiawan Maroko memberi selamat kepada Mahkamah Agung Turki, seluruh rakyat, dunia Islam, dan Presiden Erdogan karena memutuskan untuk membuka kembali Hagia Sophia untuk tempat ibadah.

Sheikh Ahmad bin Hamad al-Khalili, mufti besar Kesultanan Oman; Abdel-Hadi al-Agha, wakil menteri Kementerian Agama Palestina dan Sheikh Maulana Shabbir Saloojee, rektor Darul Uloom Zakariyya, sebuah universitas Islam di Lenasia, Afrika Selatan, juga berterima kasih kepada Erdogan dan memuji keputusan tersebut.

BACA Juga : Pemimpin Gereja Rusia: Seruan Mengubah Hagia Sophia Menjadi Masjid Adalah "Ancaman" bagi UmmatKristen

Pewarta : Ameera/Arrahmah
Editor : Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close