Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Saturday, July 11, 2020

Redaksi sukabumiNews

Hagia Sophia Berubah Status Menjadi Masjid

Hagia Sophia
Museum Hagia Sophia kini berfungsi sebagai masjid. (gambar : search Google)

sukabumiNews.net, ISTANBUL – Pemerintah Turki telah diizinkan untuk mengubah status bangunan ikonik museum Hagia Sophia yang saat ini berfungsi sebagai museum menjadi masjid.

Status perpindahan fungsi ini terjadi setelah Pengadilan Tinggi Turki mengeluarkan keputusan setelah Dewan Nasional mengajukan petisi yang dikeluarkan oleh kelompok agama yang berusaha untuk membatalkan keputusan kabinet 1934 yang mengubah bangunan menjadi museum.


Keputusan itu sejalan dengan seruan Presiden Recep Taayyip Erdogan yang menginginkan situs warisan dunia itu dibangun di sebuah masjid meski ada kritik keras dari Amerika Serikat dan para pemimpin Kristen Ortodoks.

Namun, media internasional melaporkan, keputusan itu mungkin memicu ketegangan dengan negara tetangga Yunani, yang menginginkan bangunan itu tetap menjadi museum.

Sebelumnya, tempat ini memungkinkan semua umat beragama untuk bermeditasi dan menikmati keindahan arsitektur bangunan yang dikembangkan pada abad keenam.

Itu diubah menjadi masjid pada tahun 1453 ketika Ottoman menaklukkan Istanbul atau juga dikenal sebagai Konstantinopel.


Pewarta: AM
Editor : Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close