Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Tuesday, July 7, 2020

Redaksi sukabumiNews

BPNB Sumbar Berencana Gelar Lomba Seni Sejarah untuk 3 Provinsi

Rapat persiapan untuk menggelar Lomba Seni Sejarah
Suasana pembukaan rapat persiapan Lomba Seni Sejarah BPNB Sumbar 2020. (Dok. Istimewa)

sukabumiNews.net, PADANG - Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) berencana akan menggelar lomba seni sejarah untuk 3 Provinsi yaitu Provinsi Sumatera Barat, Bengkulu, dan Sumatera Selatan pada pertengahan Agustus 2020 mendatang.

"Lomba ini masih berkaitan dengan pandemi Covid-19. Situasi sekarang ini kita manfaatkan agar masyarakat dan peserta didik dapat melakukan internalisasi pada nilai-nilai budaya melalui kesejarahan," ujar BPNB Sumbar, Drs. Suarman kepada wartawan, usai menggelar rapat persiapan.

BPNB Provinsi Sumatera Barat melakukan rapat persiapan bersama beberapa akademisi, praktisi seni, dan jurnalis, pada Senin 6 Juli 2020 di Ruang Sidang Kantor BPNB, Jalan Raya Belimbing No. 16 A, Kuranji, Padang, Sumatera Barat.





BPNB Sumbar sebagai penyelenggara lomba seni sejarah ini berada di bawah naungan Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dengan wilayah kerja Sumatera Barat, Bengkulu, dan Sumatera Selatan.

"Semoga pandemi berakhir di pertengahan Agustus 2020 ini, sebelum periode lomba ini berakhir. Karena kami ingin lomba ini ada tindaklanjutnya, dengan peran serta para dewan juri melakukan follow up," kata Suarman.

Sementara itu Dra. Zusneli Zubir, M.Hum., Ketua Panitia Lomba di pembukaan rapat tersebut mengatakan, para akademisi, praktisi seni, dan jurnalis diundang menghadiri rapat untuk menjadi juri pada salah satu kategori lomba, bersama Para Peneliti Sejarah di BPNB Sumbar yang ditugaskan.

"Ada empat kategori yang diperlombakan, yaitu Lomba Cover Lagu Daerah Bermuatan Lokal, Lomba Naskah Randai Sejarah Lokal. Dua kategori lomba tersebut terbuka untuk umum di Sumatera Barat," terang Zusneli Zubir.

Sementara dua kategori lomba lainnya, lanjut Zusneli, yaitu Lomba Cipta dan Baca Puisi Sejarah Lokal. "Dua kategori lomba ini untuk Tingkat SLTA pada tiga provinsi yaitu Sumatera Barat, Bengkulu, dan Sumatera Selatan," sambungnya.

Zusneli yang juga Peneliti Sejarah di BPNB Sumbar ini menjelaskan bahwa pada rapat persiapan tersebut para dewan juri membahas teknis pelaksanaan lomba. "Hasil rapat ini nantinya akan kami muat dalam brosur lomba, yang akan kami cetak untuk disebarkan," pungkasnya.

Rapat ini digelar dalam format diskusi kelompok, dengan menerapkan protokol pencegahan penularan Covid-19.


BACA Juga : Menginternalisasi Nilai-Nilai Budaya, BPNB Sumbar Gelar Lomba ‘Kesejarahan dari Rumah’



Peserta: Muhammad Fadhli
Editor : AM
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

Komentari

close