News Breaking
Live
wb_sunny

Breaking News

Ratusan Karyawan Kena PHK, BLK Kendari Latih Pekerja Profesional Tanggap Covid-19

Ratusan Karyawan Kena PHK, BLK Kendari Latih Pekerja Profesional Tanggap Covid-19

sukabumiNews.net, KENDARI – Sebanyak 432 karyawan yang kena PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) dan dirumahkan di Sulawesi Tenggara (Sultra), dilatih khusus oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari untuk menjadi tenaga profesional tanggap covid-19.

Tidak hanya pekerja yang di rumahkan, pengusaha yang tidak lagi memproduksi juga di skrening untuk tanggap Covid-19, Rabu (13/5/2020) kemarin.

Dalam pelatihan ini, BLK membuka beberapa kejuruan, yakni kejuruan las, menjahit dan kejuruan processing hasil pertanian dan perhotelan.

Kejuruan las terdiri 8 paket, yang nantinya akan memproduksi 120 wastafel. Kejuruan menjahit terdiri 10 paket akan memproduksi 80 ribu masker dan kejuruan processing hasil pertanian dan perhotelan akan memproduksi 11.700 paket nasi kotak yang akan di bagikan ke masyarakat yang akan berbuka puasa.

Hasil produksi kualitas BLK Kendari, nantinya akan di bagikan ke masyarakat di sebar ke 17 kabupaten kota yang ada di Sulawesi Tenggara.

Kepala Balai Latihan Kerja (BLK) Kendari, La ode Haji Polondu menjelaskan, 432 peserta ini dilatih untuk menjadi tenaga kerja siap pakai dan profesional selama kurang 10 hari di workshop BLK.

“Pelatihan tanggap covid-19 ini, merupakan kontribusi BLK dan kementerian tenaga kerja dalam memberdayakan para pekerja yang di PHK, di rumahkan dan pengusaha yang tidak lagi memproduksi”, tuturnya, seperti dikutip media Partner sukabumiNews yang tergabung dalam Forum Pimpinan Redaksi Nasional (FPRF), elevenesia.com.

Sementara itu, usai membuka pelatihan tanggap covid, wakil gubernur Sultra, Lukman Abunaswas mengatakan, pemerintah provinsi mendukung program tersebut, guna meningkatkan kualitas pekerja lokal yang siap pakai.

“Kita apresiasi BLK Kendari yang telah menginisiasi pelatihan ini yang berbasis peningkatan kualitas pekerja. Ini sangat berdampak bagus apa lagi di tengah pandemi BLK mampu menciptakan tenaga siap pakai dan bisa menghasilkan produk berkualitas yang nantinya akan di bagikan ke masyarakat,” pungkasnya.

Pewarta : Win/FPRN
Editor : Red.
COPYRIGHT © SUKABUMINEWS 2020

Tags

Daftar

Website sukabumiNews.net Memuat Ringkasan Berita-Berita yang Ditawarkan kepada Pelanggan melalui Sistem Penyiaran Berita PT SUKABUMINEWS MULTI MEDIA. Mohon hubungi kami untuk memilih berlangganan.

Post a Comment

Anda boleh beropini dengan mengomantari Artikel di atas