Breaking
SUKABUMINews menyajikan artikel, berita politik, hukum, kriminal, dunia Islam, serta berbagai peristiwa yang terjadi, baik di dalam dan Luar Negeri secara tepat dan akurat. Kontributor/wartawan SUKABUMINews dalam melaksanakan tugas selalu dibekali ID dan atau Surat Tugas. Segala bantuan dan fasilitas yang diberikan kepada yang bersangkutan dalam menjalankan tugas jurnalistik, sangat kami hargai. Anda menyukai tantangan, memiliki kemampuan reportase, wawancara, melakukan penelitian? Tuangkan hasil kemampuan anda menjadi sebuah tulisan, baik dalam bentuk artikel berita. Bergabunglah bersama kami.. Kirimkan data pribadi, nama, alamat dan nomor HP. ke email: sukabumi_news@yahoo.com atau gmail: redaksi.sukabuminews@gmail.com. Hanya yang memenuhi kriteria yang akan kami muat dan undang.

Friday, March 20, 2020

Azis Ramdhani

IHSG Pagi Ini Terperosok Masuk ke Level 3.000

IHSG pada perdagangan pagi ini melemah lebih dari 4% dan sempat menyentuh level 3.918.

Ilustrasi: IHSG turun lebih dari 4% pada perdagangan pagi ini. (ANTARA FOTO/ADITYA PRADANA PUTRA/FOC) 
sukabumiNews.net, JAKARTA – Indeks harga saham gabungan pada perdagangan pagi ini turun lebih 4% ke level 3.900. Indeks Harga Saham Gabunan (IHSG) diperkirakan masih turun sepanjang perdagangan hari ini akibat ketakutan investor terhadap penyebaran pandemi corona.

Berdasarkan data RT Infokom hingga pukul 09.30 WIB, IHSG telah turun 4,075% ke level 3.938. Indeks bahkan sempat menyentuh level 3.918.

Perdagangan dilakukan sebanyak 75.587 kali dengan total saham yang diperdagangkan sebanyak 891 juta senilai Rp 1,42 triliun.Sebanyak 254 saham turun, 55 saham tak bergerak, dan 67 saham naik.

Adapun investor asing tercatat melakukan jual bersih di pasar reguler sebesar Rp 97,91 miliar, tetapi masih melalukan beli bersih di pasar negosiasi. Dengan demikian, investor asing tercatat melakukan jual bersih di seluruh pasar mencapai Rp 90,77 miliar.

Saham-saham emiten berkapitalisasi besar masih dilepas oleh Asing. Saham PT Bank Central Asia Tbk pagi ini telah dilepas sebesar Rp 49 miliar. Harga saham BBCA pun anjlok menjadi Rp 21.925.

Asing juga masih melepas saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dan PT Astra Internasional Tbk. Harga saham BBRI jatuh 6,7% menjadi Rp 2.770 dan ASII terjun 6,99% menjadi Rp 3.590.

Analis Binaartha Sekuritas Aji sebelumnya memprediksi masih terdapat potensi pelemahan lebih lanjut pada IHSG hari ini. "Sehingga berpeluang menuju area support," jelas dia.

Sejumlah saham masih dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Bank Tabungan Negara Tbk atau BBTN, ICBP, PT Estika Tata Tiara Tbk atau BEEF, dan PT Ace Hardware Indonesia Tbk atau ACES.

Analis Binaartha Parama Sekuritas Reza Priyambada juga menyebut IHSG masih akan melemah pada perdagangan hari ini. Pasar masih dihantui oleh kepanikan pasar yang berlebih. “Secara posisi memang semua sudah undervalue,” katanya, Jumat (20/3/2020).

Meski demikian, masih ada harapan IHSG menuju zona hijau. Hal ini lantaran bursa saham Amerika Serikat dan Eropa ditutup menguat. Dow Jones naik 0,95%, S&P 500 0,47%, dan  Nasdaq 2,3%, FTSE 100 1,4%,  AEX 4,6%, dan DAX 2%.

“Semalam bursa saham AS menguat. Paling  tidak, harapannya supaya pelemahan bisa berkurang,” jelasnya. Reza memprediksi indeks bergerak pada level support di antara  3.945 hingga 3.986 dan resistance 4.125-4.138.

BACA Juga: IHSG Ditutup Anjlok 6,58 Persen ke Level Rp 5.136, Level Penutupan Harian Terendah Sejak Desember 2016

Sumber: Katadata
Editor: Red.
COPYRIGHT SUKABUMINEWS 2020
Jangan Lewatkan!
Masukkan email Anda untuk berlangganan artikel terbaru :

close